Suara Media Tidak Keluar di HP Samsung

  • Bagikan
Suara Media Tidak Keluar di Hp Samsung
Suara Media Tidak Keluar di Hp Samsung. Sumber Gambar: Google.com

Suara media tidak keluar di HP Samsung dan solusinya. Saat ini hampir semua lapisan masyarakat bergantung pada benda elektronik kecil ini. Tentunya dengan kecanggihan teknologi saat ini, setiap aktivitas dan pekerjaan tidak lepas dari apa yang kita sebut dengan internet dan jaringan yang membutuhkan media untuk menggunakannya berupa telepon genggam.

Suara media tidak keluar di HP Samsung

Selain kecil dan mudah kita bawa kemana-mana, benda ini memudahkan untuk saling berkomunikasi. Oleh karena itu, wajar jika setiap orang saat ini memiliki minimal 1 handphone pribadi yang selalu pengguna gunakan sepanjang hari.

Karena penggunaan yang hampir terus menerus, menyebabkan berbagai masalah pada ponsel. Di antaranya ponsel memanas, kinerja melambat, sering melambat, dan banyak lagi. Dan dari masalah tersebut, biasanya menyebabkan kerusakan pada ponsel.

Penyebab suara media tidak keluar di HP Samsung

Salah satunya adalah speaker tidak berfungsi, yaitu ponsel tidak mengeluarkan suara. Hal ini jelas akan mengganggu aktivitas Anda. Apalagi jika pekerjaan atau tugas Anda berhubungan dengan komunikasi yang mengharuskan mendengarkan audio melalui ponsel.

Sebelum mengetahui cara memperbaikinya, pastikan Anda mengetahui penyebab ponsel Anda tidak mengeluarkan suara.

Padahal, ponsel yang tidak bersuara belum tentu karena rusak. Namun, apapun yang menyebabkan apa yang terjadi, Anda perlu mencari tahu sehingga Anda dapat mengetahui sumber masalahnya dan cara memperbaikinya dengan benar. Berikut penjelasannya:

Alasan suara media tidak keluar di HP Samsung

  1. Atur HP ke mode senyap

Hal pertama yang dapat menyebabkan ponsel tidak berbunyi adalah karena pengaturan ponsel masih dalam mode senyap. Karena itu, jangan buru-buru menyimpulkan bahwa speaker ponsel Anda rusak

  1. Sistem memiliki bug

Selain pengaturan ponsel, bug atau kesalahan pada sistem ponsel juga dapat menyebabkan tidak ada suara ponsel. Sebab, ketika terjadi bug, akan terjadi penurunan fungsionalitas di beberapa bagian ponsel. Salah satunya bisa menyerang speaker ponsel.

  1. HP masih dalam mode headset

Saat ponsel dipasangkan dengan headset, speaker akan mati secara otomatis karena output audio dialihkan ke headset. Oleh karena itu, saat ponsel masih dalam mode headphone, speaker pasti tidak akan mengeluarkan suara apa pun.

Jika Anda tidak menggunakan headset tetapi ponsel Anda memiliki logo headset di sudut kanan atas, mungkin ada kesalahan yang membuat ponsel Anda terlihat seperti masih terhubung ke headset.

  1. Bluetooth aktif

Mirip dengan kasus sebelumnya, ketika ponsel terhubung ke Bluetooth, terutama untuk menghubungkannya ke sistem audio, speaker ponsel akan mati secara otomatis. Oleh karena itu, mode Bluetooth yang aktif dapat menjadi penyebab tidak ada suara di ponsel.

  1. Lubang speaker kotor atau kerusakan pada speaker HP

Lubang speaker yang kotor juga bisa menjadi penyebab tidak ada suara di ponsel Anda. Ini karena kotoran atau debu menempel di lubang speaker sehingga menghalangi suara yang keluar dari ponsel

Kemungkinan terakhir ponsel yang tidak berdering adalah speaker ponsel yang rusak. Meski hal ini jarang terjadi, tidak menutup kemungkinan speaker ponsel bisa rusak.

Mungkin karena ponsel terjatuh atau ada air yang masuk yang mengenai speaker sehingga sistem terganggu dan rusak.

Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara

Setelah mengetahui penyebabnya, kini Anda dapat mencoba memperbaikinya sendiri tanpa membawanya ke service center, kecuali memang benar-benar terjadi malfungsi di dalam sistem. Simak artikel ini sampai habis karena kami akan membahas cara memperbaiki hp yang tidak ada suara.

Untuk mengatasinya, ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan. Mulai dari memeriksa volume HP. Siapa tahu terlalu kecil sehingga tidak bersuara.

Namun, memang ada juga penyebab suara hilang yang lebih serius. Dalam arti, lebih memerlukan perhatian dan cara perbaikannya juga sedikit lebih lama.

Kemudian, apa saja yang sekiranya bisa kita lakukan?

Langkah mengatasi suara media tidak keluar di HP Samsung

  1. Periksa pengaturan volume HP

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan ketika ponsel Anda tidak memiliki suara adalah dengan memeriksa pengaturan volume ponsel. Anda dapat melakukannya melalui menu pengaturan atau langsung menekan tombol untuk memperbesar volume.

Putar volume hingga batas maksimum, lalu putar audio dari ponsel Anda untuk menguji suaranya. Cek juga mode silent di hp untuk mengetahui mode aktif atau tidak.

  1. Hapus cache

Data cache adalah data sementara yang secara otomatis tersimpan di memori ponsel. Data ini dihasilkan setiap kali aplikasi dibuka. Dan tentu saja data ini tidak diperlukan di ponsel. Ini benar-benar mengisi memori di ponsel Anda dengan cepat.

Dan hal ini dapat menyebabkan bug atau kesalahan yang menyebabkan kerusakan pada komponen ponsel. Dengan membersihkan sampah cache, Anda dapat memperbaiki kesalahan kecil dan crash.

  1. Bersihkan lubang speaker

Jika ponsel Anda tidak mengeluarkan suara, itu bisa disebabkan oleh lubang speaker yang kotor. Bukan hanya layar yang perlu dibersihkan, tetapi juga speaker. Untuk itu, dengan membersihkan lubang speaker secara rutin, Anda dapat mencegah kotoran menempel di lubang speaker.

  1. Hidupkan ulang HP

Tidak hanya membersihkan cache, memulai ulang ponsel Anda juga dapat memperbaiki masalah perangkat lunak yang mungkin menyebabkan ponsel Anda kehilangan suara.

Oleh karena itu, ketika pengaturan sudah benar dan fisik ponsel dalam kondisi baik, cobalah untuk me-restart ponsel. Mungkin ada masalah atau error pada bagian ponsel yang mempengaruhi speaker ponsel.

  1. Bawa ke Service Center

Langkah terakhir yang dapat Anda ambil untuk memperbaiki tidak ada suara di ponsel Anda adalah membawanya ke pusat layanan. Biasanya jika handphone perlu Anda bawa ke service center berarti ada masalah yang tidak bisa anda atasi sendiri.

Atau mungkin, ada kerusakan di bagian dalam ponsel karena speaker tumpah dan air harus Anda bawa ke pusat layanan untuk perbaikan lebih lanjut.

Kesimpulan suara media tidak keluar di HP Samsung

Itulah beberapa cara mengatasi hp tidak ada suara. Agar ponsel Anda lebih awet dan terhindar dari berbagai masalah, sebaiknya Anda menggunakan dan merawatnya dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan terima kasih telah berkunjung.

  • Bagikan