Cara Uninstall Aplikasi di Laptop
Cara Uninstall Aplikasi di Laptop. Sumber Gambar: Google.com

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop

Cara uninstall aplikasi di laptop terbaru untuk Windows 7-10. Laptop merupakan komputer jinjing yang sering pengguna gunakan untuk membantu manusia dalam segala bidang. Fungsinya tidak jauh berbeda dengan personal computer atau PC. Padahal, perangkat ini lebih mudah pengguna gunakan dan praktis karena bisa kita pakai di mana saja.

Cara uninstall aplikasi di laptop

Saat ini berbagai jenis laptop yang diluncurkan oleh banyak merek ternama seperti Asus, HP, Acer dan lain sebagainya, telah melengkapi produknya dengan prosesor terbaik. Kemudian kapasitas ruang penyimpanan dan random access memory menjadi lebih besar. Hal ini memungkinkan Anda untuk menyelesaikan tugas lebih cepat.

Namun, meski hadir dengan spesifikasi tinggi, performa laptop Anda bisa berkurang karena beberapa faktor. Seperti terlalu banyak software atau aplikasi misalnya. Jika demikian, Anda perlu tahu cara menghapus aplikasi di laptop Anda. Dengan begitu, kinerja laptop Anda akan kembali baik seperti semula.

Jika Anda tidak tahu cara menghapus aplikasi laptop, maka berikut adalah tutorialnya untuk Anda. Kami rangkum dari sejumlah sumber, maka simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Manfaat cara uninstall aplikasi di laptop

Hampir semua seri laptop hingga PC yang satu merakit secara mandiri, terutama menggunakan sistem operasi Windows 10. Namun, ada beberapa yang masih menggunakan Windows 8 dan Windows 7.

Jenis sistem operasi (OS) yang diluncurkan oleh perusahaan teknologi raksasa Microsoft ini memang sangat terkenal. Pasalnya, sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 1990-an, sistem operasi tersebut sudah banyak pengguna gunakan bahkan hampir semua orang. Semua kemudahan telah banyak membantu dalam pekerjaan manusia.

Perlu Anda ketahui bahwa sistem operasi yang orang gunakan di berbagai belahan dunia bukan hanya Windows. Contohnya adalah OS Linux, yang memungkinkan pengguna untuk mengalami sistem operasi multi-tugas yang tidak memakan terlalu banyak ruang penyimpanan. Namun karena OS Windows lebih populer,maka  software tersebut pengguna komputer  kurang perhatikan.

Berbicara tentang ruang penyimpanan, umumnya dalam sistem operasi kapasitas hard disk akan dibagi menjadi dua bagian. Yang pertama adalah drive lokal (c :), yang pengguna gunakan untuk menyimpan folder aplikasi utama. Kemudian yang kedua adalah local disk (d :), fungsinya untuk menyimpan file jenis apapun.

Ruang penyimpanan akan penuh jika Anda menginstal terlalu banyak aplikasi. Selain memperlambat kinerja laptop, penggunaan software yang terlalu banyak akan membuat laptop Anda mudah rusak.

Salah satu solusinya adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak relevan atau jarang pengguna gunakan. Berikut keuntungan yang Anda dapatkan jika meng-uninstall aplikasi di laptop:

Performa laptop akan stabil dan lebih baik dari sebelumnya.

Ruang penyimpanan semakin besar. Ini berarti Anda dapat menyimpan banyak file penting.

Keamanan laptop Anda terjamin. Pasalnya, biasanya beberapa aplikasi yang sembarangan dipasang berisiko membocorkan data Anda.

Berdasarkan penjelasan di atas, Anda kemudian dapat menghapus beberapa aplikasi yang tidak penting untuk laptop Anda. Sehingga kinerja laptop anda menjadi lebih cepat.

Langkah – langkah cara uninstall aplikasi di laptop

Dikutip dari situs resmi Microsoft yaitu Support.microsoft.com, berikut panduan cara uninstall aplikasi di laptop yang mudah dan nyaman untuk Anda:

Langkah pertama adalah membuka laptop Anda.

Kemudian, tekan tombol Start Windows atau klik ikon Windows yang terletak di sudut kiri bawah layar laptop Anda.

Setelah itu, cari menu Control Panel untuk menguninstall atau menghapus aplikasi yang Anda inginkan.

Jika sudah terbuka, pada menu Control Panel, cari opsi “Applications and Programs” atau Programs and Features.

Langkah selanjutnya adalah menemukan aplikasi yang ingin Anda hapus. Misalnya, jika Anda ingin menghapus instalasi aplikasi pemutar musik, Anda hanya perlu mengklik ikon aplikasi dan kemudian memilih Uninstall.

Tunggu beberapa saat hingga aplikasi benar-benar terhapus.

Ulangi langkah ini jika Anda ingin meng-uninstall aplikasi lain.

Cara uninstall aplikasi di laptop anti ribet terbaru windows 10

Windows 10 saat ini menjadi sistem operasi standar untuk beberapa seri laptop yang diluncurkan di pasaran. Dengan segala upgrade dan berbagai tools menarik di dalamnya, sistem ini akan memudahkan pengguna dalam menyelesaikan sesuatu.

Untuk cara uninstall aplikasi di laptop windows 10 bisa mencoba tutorial berikut ini:

  • Copot pemasangan aplikasi dari menu mulai:
  • Langkah pertama adalah membuka laptop Anda.
  • Kemudian tekan tombol Mulai Windows.
  • Jika sudah, Anda tinggal memilih aplikasi mana yang ingin Anda hapus.
  • Kemudian klik kanan dan pilih opsi Uninstall.

Cara menghapus aplikasi di Windows 10 dengan Control Panel

  • Langkah pertama adalah membuka laptop Anda.
  • Kemudian di kotak pencarian bilah tugas, ketik Control Panel dan pilih dari hasil.
  • Langkah selanjutnya adalah memilih Programs, kemudian Programs and Features.
  • Jika Anda mengklik kanan pada program yang ingin Anda hapus, lalu pilih Uninstall atau Change. Kemudian ikuti petunjuk di layar.

Tunggu beberapa saat hingga aplikasi selesai mencopot pemasangan.

Cara uninstall aplikasi di laptop Windows 8 dan Windows 8.1

Anda bisa mencoba langkah-langkah berikut cara uninstall aplikasi di laptop yang menjalankan Windows 8 dan Windows 8.1:

  • Pilih Mulai atau Mulai.
  • Kemudian pilih Pengaturan dan klik Aplikasi.
  • Setelah itu, buka opsi Aplikasi dan Fitur.
  • Pilih aplikasi yang ingin Anda hapus, lalu pilih Uninstall.
  • Tunggu beberapa saat hingga aplikasi benar-benar terhapus.

Cara uninstall aplikasi laptop Windows 7

Windows 7 adalah sistem operasi yang populer di awal tahun 2007. Namun, kali ini OS tersebut mulai ditinggalkan. Namun, ini tidak berarti bahwa tidak ada pengguna.

  • Berikut tutorial cara menghapus aplikasi di Windows 7:
  • Buka panel kontrol di menu Mulai.
  • Kemudian pilih menu Program.
  • Langkah selanjutnya adalah klik Programs and Features.
  • Jika sudah, pilih tombol Uninstall. Atau Anda juga dapat mengklik dua kali di sebelah kiri ikon aplikasi dan klik Uninstall.
  • Jika sudah, klik Yes untuk menghapus aplikasi di Windows 7.

Kesimpulan

Ini adalah langkah-langkah atau cara uninstall aplikasi di laptop Windows 7 ke Windows 10 terbaru. Sebagai sistem operasi yang paling banyak pengguna gunakan di dunia, OS Windows selalu memperbarui aplikasi standarnya. Hal ini akan memudahkan Anda dalam melakukan apapun, termasuk menghapus berbagai aplikasi yang memperlambat kinerja laptop Anda.

Kunjungi juga

Adobe Lightroom Mod

Adobe Lightroom Mod Apk Link Unduh Aman Paling Update

Adobe Lightroom Mod Apk dan link unduhan yang aman paling update. Ketika memasuki alur kerja …