Cara Memperbaiki Resleting Tas yang Tidak Mau Menyatu
Cara Memperbaiki Resleting Tas yang Tidak Mau Menyatu. Sumber Gambar: PikiranRakyat.com

Cara Memperbaiki Resleting Tas yang Tidak Mau Menyatu

Cara memperbaiki resleting tas yang tidak mau menyatu / resleting yang rusak. Apakah resleting Anda macet atau tidak? Ikuti langkah-langkah cara memperbaiki resleting dengan mudah dan cepat.

  • Langkah-langkah penting
  • Bersihkan gigi resleting agar dapat berfungsi secara maksimal.
  • Jangan memasukkan terlalu banyak barang ke dalam tas agar resleting bisa ditutup tanpa paksaan.
  • Jika ritsleting longgar dan terus-menerus turun, gunakan klip kertas untuk menempelkannya ke kancing di celana.

Cara memperbaiki resleting tas yang tidak mau menyatu

Sangat menyebalkan jika Anda sedang terburu-buru dan resleting jaket, celana, atau tas kesayangan Anda macet atau tidak muat. Jadi, memang teknologi resleting tidak banyak berubah sejak pertama kali orang temukan.

Dengan demikian, ada banyak pilihan cara untuk memperbaiki resleting yang ada, mulai dari yang paling sederhana hingga cara yang harus melibatkan proses penjahitan. Jika resleting tas rusak, bukan berarti tasnya jelek dan tidak bisa berfungsi dengan baik.

Resleting yang macet bisa karena sebab cuaca dingin atau karena benang atau kain tersangkut di gigi resleting sehingga tidak bisa ditutup. Untuk menghemat biaya dan melindungi lingkungan dari tumpukan sampah karena Anda harus membuang barang yang resletingnya rusak, maka Anda bisa menggunakan tips mudah cara memperbaiki resleting ini.

Alasan utama untuk resleting yang rusak adalah pembukaan dan penutupan paksa dan pembebanan yang berlebihan.

Tips cara memperbaiki resleting tas yang tidak mau menyatu

Resleting tas rusak bisa karena dua hal yaitu ada benang atau kain yang tersangkut di antara gigi, dan besi resleting bengkok. Oleh karena itu, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu apa penyebab resleting tas tidak berfungsi. Tentunya kedua hal ini membutuhkan cara yang berbeda dalam memperbaiki resleting tas. Ikuti cara di bawah ini.

1. Karena tersangkut benang

  • Siapkan tusuk gigi atau pensil tajam dan gunting.
  • Lihat di mana tali / benangnya macet.
  • Lepaskan perlahan benang yang tersangkut di gigi ritsleting sampai mengendur atau mengendur.
  • Saat melepas benang, pastikan gigi ritsleting tidak rontok.
  • Jika benang lepas tetapi masih tidak putus, gunakan gunting untuk memotong benang dari gigi ritsleting.

2. Gigi bengkok:

  • Siapkan tang, larutan air hangat dan sabun serta cotton buds.
  • Kencangkan gigi ritsleting dengan tang agar sejajar dengan gigi lainnya.
  • Teknik lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menarik kepala resleting sampai gigi yang bengkok masuk ke kepala resleting.
  • Kemudian dengan lembut jepit bagian atas kepala ritsleting dengan tang, lalu tarik kembali kepala ritsleting hingga menutup sepenuhnya.
  • Buka kembali resleting, gosok gigi resleting dengan kapas yang Anda basahi larutan air hangat dan sabun.
  • Kemudian tutup kembali ritsletingnya.

Memperbaiki kantong resleting membutuhkan kesabaran lebih agar kantong dapat kita tutup kembali dan tidak memperburuk kondisi gigi resleting. Cara memperbaiki resleting tas di atas juga bisa kita terapkan pada tas make up atau toilet bag yang rusak atau bermasalah. Jika tarikan pada kepala ritsleting mengendur dan putus, Anda dapat menggantinya dengan tang. Pasang klip ke kepala ritsleting dan masalahnya terpecahkan.

Cara memperbaiki ritsleting di jaket

Tidak hanya cara memperbaiki resleting tas yang tidak mau menyatu, namun resleting jaket juga bisa bermasalah jika ada benang atau sedikit kain yang tersangkut di antara gigi resleting atau saat gigi resleting bengkok. Jika ini terjadi, gunakan cara di atas untuk memperbaiki ritsleting pada jaket. Namun jika resleting tidak menutup rapat karena gigi resleting tidak saling menempel, maka perlu cara lain untuk memperbaikinya. Ikuti cara memperbaiki ritsleting pada jaket dengan pensil atau lilin.

Biasanya grafit yang terdapat pada pensil dapat digunakan sebagai pelumas untuk mengencangkan kembali gigi resleting. Selain pensil, lilin dapat digunakan untuk manfaat yang sama. Karena itu, siapkan pensil atau lilin jenis apa pun.

  • Gosokkan pensil atau lilin pada gigi depan dan belakang ritsleting.
  • Tunggu sekitar 2 menit agar grafit atau lilin meresap ke dalam gigi ritsleting.
  • Setelah itu, tarik kepala ritsleting ke atas dan ke bawah untuk memperlancar gerakan ritsleting.
  • Jika masih ada bagian gigi yang tidak menyatu, gosok kembali dengan pensil atau wax.
  • Ketika semuanya kembali normal, bersihkan ritsleting dengan air hangat dan handuk.

Semua jenis pakaian dan barang yang memiliki hak resleting akan mengalami beberapa kerusakan, seperti terlepasnya resleting, gigi bengkok dan tersangkut atau tidak akan menyatu. Memperbaiki resleting tas bisa Anda lakukan di rumah dengan alat sederhana.

Petunjuk di atas akan membantu Anda cara memperbaiki resleting tas yang tidak mau menyatu. Juga, memperbaiki ritsleting pada barang atau pakaian favorit Anda. Saat membersihkan ritsleting, jangan gunakan tisu karena partikel jaringan dapat tersangkut di gigi ritsleting. Anda dapat menyelesaikan sendiri sebagian besar masalah resleting dengan alat yang Anda miliki di rumah.

Tetapi jika resleting tidak dapat Anda perbaiki, Anda dapat menggantinya dan menjahitnya dengan yang baru. Jika tidak bisa menjahit, baca artikel berikut untuk panduan praktis menjahit untuk pemula.

Kunjungi juga

erp cloud

Penjelasan Cloud ERP Keuntungan, Risiko dan Solusi Populer

Cloud ERP adalah sistem perencanaan sumber daya perusahaan berbasis cloud. Ini menawarkan banyak keuntungan bisnis …