Cara Memperbaiki Remot TV Tombol Tidak Berfungsi

  • Bagikan
Cara Memperbaiki Remot TV Tombol Tidak Berfungsi
Cara Memperbaiki Remot TV Tombol Tidak Berfungsi. Sumber Gambar: Google.com

Cara memperbaiki remot TV tombol tidak berfungsi. Ayo, siapa yang memukul remote TV saat tidak berfungsi?  Mulai sekarang, coba cara berikut untuk memperbaiki tombol di remote TV yang tidak berfungsi.

Cara memperbaiki remot TV tombol tidak berfungsi

Meskipun terkadang tidak berfungsi, namun kami tidak menyarankan untuk memukul remote control TV saat tidak merespons. Ini mungkin bekerja sesekali, tetapi ada risiko kerusakan pada komponen di remote control karena guncangan.

Alih-alih mengetuk, ada beberapa cara mudah yang dapat Anda coba untuk memperbaiki Remote TV yang tidak merespons.

Tips cara memperbaiki remot TV tombol tidak berfungsi

Jadi, ada beberapa cara universal untuk memperbaiki remot TV.

1. Periksa apakah kode remote control TV sudah benar

Apakah Anda menggunakan remote control TV universal karena remote control asli pabrik rusak atau hilang? Jika demikian, masalahnya mungkin pengaturan kode yang tidak tepat.

Remote control universal benar-benar dapat kita gunakan untuk berbagai merek TV. Namun, Anda harus memasukkan kode agar remote universal kompatibel dengan merek TV yang Anda miliki.

Anda dapat menemukan kode ini di manual remote control universal yang Anda beli. Anda juga dapat menemukan kode untuk remote control TV untuk merek tertentu.

Jadi, hanya masukkan kode sesuai merk dan tipe TV, misal untuk Panasonic kode 001, 014, 021 atau 059. Kemudian tekan tombol set beberapa detik dan tekan tombol power secara bersamaan sampai lampu menyala.

2. Penggantian baterai

Alasan paling umum mengapa remote TV tidak merespons adalah karena baterai lemah. Ini normal, terutama jika baterai tidak kita ganti untuk waktu yang lama.

Anda dapat menggunakan multitester untuk memeriksa apakah baterai hampir habis. Namun, jika Anda tidak memiliki alat ini di rumah, ada cara lain yang lebih mudah.

Coba gunakan baterai yang berfungsi dari perangkat elektronik lain di rumah, seperti baterai remote AC atau baterai jam dinding. Jika remote control TV berfungsi setelah Anda mengganti baterai, maka masalahnya ada pada baterai.

Cara mengganti baterai juga sangat mudah. Pertama, buka penutup baterai di bagian belakang remote control TV, lalu lepaskan baterai lama.

Selanjutnya, pasang baterai baru dengan memperhatikan posisi sumbu positif dan negatif. Pastikan juga jenis baterai yang Anda gunakan sesuai, apakah jenis baterai AA atau AAA.

3. Bersihkan Besi Penghubung yang Berkarat

Yang ketiga, cara memperbaiki remot TV tombol tidak berfungsi dengan membersihkan karat. Alasan lain remote control TV tidak berfungsi adalah karat pada setrika sambungan. Masalah ini biasanya kita temukan di remote control yang lebih tua.

Besi penghubung adalah pelat dan pegas di ujung rumah baterai. Seiring waktu, setrika dapat berkarat, terutama jika remote kita simpan di tempat yang lembab.

Adanya karat akan menghalangi aliran listrik dari baterai ke remote control TV. Akibatnya, remote mungkin tidak berfungsi dengan baik meskipun baterai masih dalam kondisi baik.

Solusinya adalah dengan membersihkan karat dari besi penghubung ini. Anda dapat menggunakan alat sederhana seperti amplas atau obeng untuk membersihkan karat.

Hindari menggunakan pembersih karat karena dapat merendam komponen di remote.

4. Bersihkan kompartemen keyboard

Mungkin remote control TV tidak merespon karena ada kotoran di tombol. Alhasil, saat tombol ditekan, kotoran ini menghalangi fungsi remote control.

Kotoran ini bisa berupa kumpulan debu yang menempel di antara tombol. Solusinya adalah dengan membersihkan keyboard untuk menghilangkan semua kotoran.

Peniti bisa menggunakan kain atau sapu tangan untuk menyeka permukaan keyboard. Untuk tempat yang sulit kita jangkau, peniti bisa menggunakan sikat gigi bekas.

Namun, pastikan sikat giginya kering ya? Hindari menggunakan cairan pembersih pada remote control TV karena komponen di dalamnya mudah rusak jika terkena air.

Atau, Anda dapat menggunakan slide khusus untuk membersihkan remote di antara tombol.

5. Segera keringkan remote jika basah

Kelima, cara memperbaiki remot TV tombol tidak berfungsi dengan menghilangkan air. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, komponen pada remote control TV rentan terhadap kerusakan jika terkena air. Jadi, jika remote control TV terkena cipratan air, segera keringkan dengan kain atau sapu tangan.

Juga, keluarkan baterai dan keringkan sebanyak mungkin dengan kain. Hindari mengeringkan remote control TV dengan pengering rambut karena panas dapat merusak komponen.

Setelah dilap, simpan remote dalam kotak tertutup yang berisi silika gel sebagai penyerap kelembapan. Anda juga bisa memasukkannya ke dalam kotak nasi dan diamkan di dalamnya setidaknya selama 24 jam.

Setelah Anda simpan dalam waktu lama, ganti baterai dan pastikan remote berfungsi kembali. Jika masih tidak merespons, komponen utama mungkin rusak dan perlu Anda ganti.

Sebagai tindakan pencegahan, Anda dapat memasang penutup remote control untuk melindungi remote control TV dari tumpahan air atau kotoran dan debu. Pilih salah satu bahan silikon agar fleksibel saat ditekan dan tidak mudah rusak.

6. Periksa papan sirkuit (PCB)

Apakah remote control TV masih tidak berfungsi setelah Anda mengganti baterai dan membersihkannya secara menyeluruh? Coba bongkar bodi dan periksa PCBnya.

PCB adalah papan hijau yang merupakan komponen utama dari remote control TV. Beberapa komponen yang lebih kecil dipasang pada papan PCB yang direkatkan dengan menyolder.

Jika komponen yang disolder lepas, koneksi rangkaian akan terputus secara otomatis. Jadi, solusinya adalah menyolder ulang komponen tersebut.

7. Bersihkan Rangkaian Elektronik

Sirkuit elektronik remote control TV juga mungkin tidak berfungsi karena terhalang oleh akumulasi kotoran. Karena itu, segera bersihkan dengan kain kering.

Untuk pembersihan yang lebih mudah, Anda bisa menggunakan sedikit minyak kayu putih. Teteskan minyak kayu putih pada kain kering, lalu gunakan untuk menyeka kotoran.

Kesimpulan cara memperbaiki remot TV tombol tidak berfungsi

Setelah melakukan cara memperbaiki tombol remote control pada TV tidak berfungsi, maka jangan lupa untuk memasang kembali komponen remote control TV. Pastikan semua komponen dalam keadaan kering dan bersih sebelum Anda pasang, oke?

Jadi, itulah beberapa cara memperbaiki tombol remote control TV yang tidak berfungsi yang bisa Anda coba. Semoga beruntung!

  • Bagikan