Cara Cek KK Online Kab Bekasi

  • Bagikan
Cara Cek KK Online Kab Bekasi
Cara Cek KK Online Kab Bekasi. Sumber Gambar: bangunsari.kabpacitan.id

Bagaimana cara cek KK online Kab Bekasi dan syaratnya. Jadi, Anda bisa akses layanan website sitepat.bekasikab.go.id, maka warga Kabupaten Bekasi bisa mengurus semua jenis adminduk. Jadi, untuk selengkapnya begini caranya

Cara cek KK online Kab Bekasi

Kini, pelayanan untuk semua jenis pemerintahan Kabupaten Bekasi dapat Adnda dapatkan secara online dengan mengakses situs resminya di sitepat.bekasikab.go.id.

Jelas, pelayanan administrasi kependudukan melalui internet (adminduk) telah jajaran Disdukcapil Kabupaten Bekasi lakukan. Bahkan, pada beberapa waktu yang lalu.

Pelayanan Pemkab Bekasi dapat Anda akses secara online dengan mengakses situs resminya di sitepat.bekasikab.go.id.

Melalui laman ini, warga Kabupaten Bekasi dapat menyerahkan seluruh dokumen administrasi kependudukan secara terpadu.

Bagaimana cara cek KK online Kab Bekasi yang resmi

“Jadi, buka saja sitepat.bekasikab.go.id, sistem pelayanan administrasi publik yang terintegrasi.”

“Maka, segera buat akun, masukkan nomor HP aktif, NIK KTP, email aktif dan juga juga KK,” kata Kepala Dinas Catatan Sipil dan juga Catatan Sipil Kabupaten Bekasi, Hudaya, saat mendapat konfirmasi dari media, Rabu (26 Januari 2022).

Tersedia berbagai jenis fungsi pengurusan administrasi pendaftaran, mulai dari mengurus akta kelahiran, mengganti kartu keluarga, akta kematian, dan juga lainnya.

“Setelah membuat akun maka tinggal submit request. Kemudian, ada beberapa dokumen yang harus Anda lampirkan.

“Kemudian ada pelayanan oleh petugas kami yang sedang bertugas, kemudian hasilnya akan tercantum di akun atau kami kirim melalui email,” ujarnya.

Hudaya menegaskan, data administrasi yang masyarakat cetak yang petugas terbitkan sudah mereka verifikasi dan juga sah di mata hukum.

“Dokumen bisa Anda cetak di rumah, karena per 1 Juli 2020 media dokumen administrasi sudah berubah dari kertas sablon security menjadi HVS ukuran A4.”

Apa yang tidak bisa dilakukan online

Meskipun cara cek KK online Kab Bekasi ini berlaku untuk banyak layanan, namun ada yang tidak bisa Anda lakukan secara online.

“Namun, pengecualian untuk e-KTP dan juga KIA yang masih menggunakan blanko. Tujuannya agar masyarakat lebih mudah memproses secara online,” kata Hudaya.

Selain melayani komunitas melalui layanan online, pihaknya juga meluncurkan layanan melalui pesan teks WhatsApp dengan nomor berbeda untuk setiap jenis layanan.

“Petugasnya adalah operator WA yang standby di kantor dinas, nomornya juga berbeda untuk setiap layanan Jadi, jika berurusan dengan QC, nomornya 085869658283, jika berurusan dengan yang lain, maka nomornyaa berbeda,” katanya.

Meskipun demikian, Hudaya memastikan pihaknya juga tetap melayani masyarakat yang mengajukan administrasi di Kantor Pemkab Bekasi di Dinas dukcapil.

Inovasi untuk Mengurai Antrean Warga

Kantor Catatan Kependudukan dan juga Catatan Sipil (adminduk) Catatan Sipil Bekasi (Dinas dukcapil) telah mengalami perubahan yang signifikan. Tentu, karena adanya cara cek KK online Kab Bekasi pada saat ini.

Pada periode sebelum tahun 2019, pelayanan masih kantor lakukan secara terpusat di Kantor Kabupaten Bekasi di Disdukcapil. Sehingga setiap harinya terjadi antrian yang cukup panjang.

“Jadi saya datang ke sini tahun 2019, waktu itu pelayanannya masih terpusat di pelayanan Dukchapil, jadi banyak yang tidak terlayani,” kata Kadisdukhakapil Wilayah Hudaya Bekasi pada hari Rabu (26 Januari 2022).

Bahkan, harus membatasi jumlah orang yang bisa kami layani.

Jadi, jumlahnya Itu maksimal 400 orang per hari.

Kebijakan tersebut juga kami terapkan agar pegawai Disdukcapil tidak mengalami kelelahan saat melayani masyarakat hingga larut malam.

Hingga saat ini, Hudaya telah melakukan transformasi agar seluruh masyarakat di Wilayah Bekasi  dapat mengakses layanan administrasi tersebut.

“Ada solusi yang lebih baik untuk membagi layanan menjadi ke Kecamatan. Akhirnya, setelah kami melakukan upaya dan juga regulasi, akhirnya layanan tidak perlu lagi ke kantor pusat,” katanya.

Inovasi pertama Hudaya adalah mengurangi akumulasi dengan mempercepat pembuatan tanda tangan yang awalnya dengan tangan.

Sekarang, dokumen apa pun dapat kami tandatangani secara digital, di mana saja, kapan saja.

Untuk mempersingkat proses administrasi menjadi lebih singkat.

“Pertama, kami mempercepat layanan dengan membuat tanda tangan tulisan tangan sehingga menjadi elektronik.”

“Agar bisa mengajukan dokumen dari Muaragembong, saya tandatangani di komputer saya dan juga kemudian pemohon cetak sendiri di rumah,” kata Hudaya.

Hudaya menegaskan, saat ini pelayanan administrasi di Kabupaten Bekasi bisa masyarakat lakukan di kantor bawah tanpa harus datang ke kantor Dinas dukcapil.

“Semua daerah sekarang sudah memiliki layanan admin,” katanya. Jadi, cara cek KK online Kab Bekasi sebenarnya juga bisa berlaku untuk daerah lain.

  • Bagikan