Upload Gambar Pencarian Google

  • Bagikan
Upload Gambar Pencarian Google
Upload Gambar Pencarian Google. Sumber Gambar: Google.com

Cara upload gambar pencarian Google yang mudah. “Reverse Google Image Search” / “pencarian gambar terbalik” mudah Anda lakukan di desktop, tetapi bagaimana dengan saat Anda menggunakan perangkat seluler? Google, Bing, dan lainnya memiliki opsi yang sama.

Upload gambar pencarian Google

Cara pencarian gambar terbalik di Google / Reverse Google Image Search.

Pencarian Gambar adalah kemampuan untuk mencari istilah dan menemukan gambar yang terkait dengan apa yang Anda tulis. Sebagian besar mesin pencari menawarkannya, dan itu bagus. Tetapi bagaimana jika Anda memiliki gambar dan Anda ingin tahu asal-usulnya? Atau menemukan foto serupa? Ini adalah pencarian gambar terbalik.

Reverse Google Image Search mudah Anda lakukan di komputer desktop. Buka images.google.com (terbuka di jendela baru), klik ikon kamera, atau tempel URL gambar yang Anda lihat online, lampirkan gambar dari hard drive Anda, atau seret gambar dari jendela lain.

Pencarian gambar Google di HP

Tetapi bagaimana ketika Anda menggunakan ponsel dan ingin melakukan pencarian gambar terbalik? Ada pilihan.

Google telah membangun fitur pencarian gambar terbalik pada ponsel dan tablet, meskipun secara terbatas.

Saat Anda mengaktifkan images.google.com di ponsel Anda, maka ikon kamera tidak akan muncul di bilah pencarian.  Jadi, untuk mendapatkannya, maka Anda perlu memuat versi desktop di perangkat seluler Anda.

Cara ini berfungsi di Safari, tetapi berfungsi paling baik di aplikasi browser Chrome (iOS (Buka di jendela baru) atau Android (Buka di jendela baru)).

Di Safari, ketuk ikon aA di kiri atas dan pilih Cari Situs Web Desktop. Di Chrome, ketuk menu tiga titik, gulir ke bawah ke menu popup, dan pilih Cari lokasi desktop.

Maka, di kedua browser, itu akan memuat Gambar Google versi desktop dan ikon kamera akan muncul. Anda kemudian dapat melampirkan foto dari kamera Anda.

Pencarian Gambar Google di Chrome Seluler

Tergantung pada ponsel Anda, Chrome juga mendukung pencarian gambar terbalik. Saat Anda melihat gambar di browser yang ingin Anda cari, tahan jari Anda di atasnya hingga menu popup muncul; pilih Google Search untuk gambar ini di bagian bawah.

Catatan: ini TIDAK akan berfungsi di Google Apps atau browser lain (atau di Safari). Hanya berfungsi di Chrome.

Namun. jika karena alasan tertentu cara ini tidak berhasil, Anda juga dapat memilih Buka Gambar di Tab Baru. Kemudian salin URL, kembali ke images.google.com dan tempel URL.

Dengan metode apa pun,maka  hasil pencarian gambar terbalik kemudian muncul.  Anda mungkin perlu mengeklik opsi Ukuran lainnya di atas untuk hanya melihat gambar.

Anda juga akan mendapatkan opsi untuk mempersempit pencarian Anda, seperti menemukan GIF animasi, clip art yang setara, atau melihat sesuai dengan skema warna yang ada pada gambar asli.

Google Lens

Google Lens juga menawarkan opsi pencarian gambar terbalik. Lens memiliki aplikasi sendiri, tetapi juga merupakan bagian dari aplikasi Google, Google Foto dan Google Assistant. Dan, tersidia bagi iOS dan juga tentunya, Android.

Namun, Lens benar-benar lebih tentang membantu Anda melakukan tugas-tugas seperti terjemahan instan atau juga mengidentifikasi sesuatu. Atau, bisa juga menemukan produk untuk Anda beli daripada menemukan gambar aslinya.

Pencarian Visual Bing di ponsel

Alternatif untuk upload gambar pencarian Google adalah menggunakan mesin pencari Bing, jadi, beginilah caranya.

Mesin pencari utama lainnya, Microsoft Bing, juga melakukan pencarian gambar terbalik. Tetapi menyebutnya sebagai Visual Search atau “pencarian visual.” Klik ikon kamera Bing di browser seluler apa pun atau di aplikasi Bing. Jendela pop-up mengatakan bahwa untuk mencari gambar, Anda harus memberi Bing akses ke kamera; menerima atau menolak dengan sentuhan.

Pada layar berikutnya, ketuk tombol Telusuri di sebelah kiri. Menu akan memungkinkan Anda untuk membuat, menelusuri perpustakaan foto Anda, atau menelusuri layanan pihak ketiga. Ketuk penjelajahan untuk menemukan yang tersimpan di layanan pihak ketiga seperti iCloud Drive, Google Drive, dan Dropbox.

Versi terbaru aplikasi Bing memungkinkan Anda mengambil foto dan menjelajah secara instan. Anda dapat melampirkan foto kamera Anda, memindai kode QR atau mengarahkan kamera ke masalah teks atau matematika. Dan, bisa juga menyelesaikan masalah matematika (curang!).

Jadi, itulah cara upload gambar pencarian Google dan alternatifnya, semoga bermanfaat.

  • Bagikan