Begini cara membuat BPKB bodong modal STNK yang bisa kita sarankan.
Begini cara membuat BPKB bodong modal STNK yang bisa kita sarankan.

Masakan Bali Super Nagih Selain Ayam Betutu

Mengetahui berbagai jenis masakan khas daerah yang ada di Indonesia dapat membuat kita semakin sadar, bahwa sebenarnya, Indonesia adalah Negara yang sangat kaya. Tak heran jika setiap daerah memiliki masakan khasnya masing-masing. Salah satunya adalah masakan Bali. Masakan khas yang paling terkenal dari kota dengan sebutan pulau dewata ini  adalah Ayam betutu. Padahal sebenarnya, di Kota Bali, makanan khasnya bukan hanya ayam betutu. Masih banyak lagi. Jadi, yuk simak beberapa masakan khas Bali berikut.

Masakan Bali yang Super Lezat

Nasi Jinggo

Masakan khas pulau dewata yang pertama ada Nasi Jinggo. Jadi kalau di Bali, masakan nasi jingo ini dapat diibaratkan sebagai nasi kucingnya orang Jogja. Karena porsinya yang super sedikit, hanya sekitar kepalan tangan saja. Lauk yang ditawarkan juga sangat sederhana, seperti daging, mie goreng, ayam suwir, hingga tempe goreng.

Dan ciri khas dari masakan Bali satu ini adalah sambalnya yang sangat pedas. Jika hanya menyantap satu bungkus, mana cukup.

Sate Plecing

Masakan khas dari pulau dewata yang kedua ada sate plecing. Selama ini, Anda mungkin hanya kenal dengan sate Padang dan sate Madura. Padaha sebenarnya, ada sate lain yang tak kalah enaknya. Salah satunya ya sate plecing ini.

Yang membuat sate plecing berbeda dengan sate lainnya adalah pemilihan bumbu dan dagingnya. Sate ini disajikan dengan bumbu plecing, sesuai dengan namanya. Yakni dengan pilihan bumbu tomat, terasi, garam, cabe rawit, dan juga air jeruk. Cita rasanya super nagih, dengan sedikit cita rasa asin yang menambah rasa.

Komoh

Masakan selanjutnya ada komoh. Masakan Bali satu ini isinya adalah kulit, hati, dan daging. Dan untuk penyajiannya sendiri, kerap disajikan saat ada acara-acara keagamaan di Bali. Pemilihan dagingnya bebas, dan biasanya, ada daging ayam ataupun daging bebek.

Lawar

Lawar adalah makanan yang mencampurkan antara sayuran dengan daging cincang, kemudian diberi bumbu. Dan bumbunya inilah yang menjadikan masakan Bali satu ini ‘Bali banget’. Sehingga, kenikmatannya tidak tertandingi oleh bumbu lainnya.

Masakan khas Bali, sangat nikmat jika disantap dengan tambahan nasi hangat. Kemudian ditambah lagi dengan daging lain. Misalnya adalah sate.

Tum Ayam

Di Bali, tum merupakan makanan yang hampir sama dengan pepes. Dengan bahan utama pembuatannya adalah aneka bumbu, santan, dan daging ayam. Seluruh bahan-bahan tadi akan dimasukkan ke dalam daun pisang dan dikukus. Sajian tum-nya juga tidak hanya sekedar ayam, karena dapat diganti dengan jenis yang lain, seperti bebek atau ikan.

Rasanya yang gurih sangat bikin nagih, apalagi disantap dengan bumbu pilihan khas Bali yang akan menambah nikmat masakan Bali satu ini.

Rujak Bulung dan Rujak Kuah Pindang

Di Indonesia, ada banyak sekali jenis rujak, dan ternyata, di Bali juga ada jenis rujak yang terbilang cukup unik. Yakni rujak bulung dan rujak kuah pindang. Kedua rujak di Bali ini disajikan dengan cita rasa yang pedas, dan sensasi memakannya luar biasa. Isiannya ada manga, kemudian dicampur dengan kuah pindang dan juga cabe. Pedasnya nampol.

Atau, Anda juga dapat mengganti masakaan satu ini dengan buah yang lainnya. Sementara rujak bulungnya sendiri adalah rujak dengan rumput laut yang disajikan dengan kuah pindang.

Jadi, itulah dia bebera masakan Bali yang harus Anda tahu. Kalau ke Bali, jangan lupa untuk mencicipi seluruh masakan Bali di atas, semoga bermanfaat.

Kunjungi juga

Kode BNI

Kode BNI Untuk Transfer dan Daftar Kode Bank lain.

Kode BNI adalah 009. Juga, kode bank lainnya. Jadi, kode ini kode yang kita pergunakan …