Cara Mengatasi Kunci Motor Tidak Bisa Diputar
Cara Mengatasi Kunci Motor Tidak Bisa Diputar. Sumber Gambar: Pinterest.com

Cara Mengatasi Kunci Motor Tidak Bisa Diputar

Cara mengatasi kunci motor tidak bisa diputar. Dalam hal ini kunci kontak susah kita putar, dan ada banyak cara untuk mengatasinya. Dan yang terbaik adalah mencari tahu alasannya terlebih dahulu. Masalah ini sering para pengguna sepeda motor alami.

Cara mengatasi kunci motor tidak bisa diputar

Dan Anda perlu tahu alasan mengapa masalah yang sama tidak terjadi pada komponen ini. Banyak masalah yang bisa terjadi pada kendaraan, termasuk sepeda motor.

Dan yang sering pengendara alami adalah kunci sepeda motor yang bermasalah. Kontak yang sulit kita putar cukup mengganggu.

Apalagi saat situasi sedang terburu-buru, sehingga Anda merasa kesal. Banyak faktor yang mempengaruhi kondisi tersebut, salah satunya karena komponen yang kotor.

Kotoran yang menumpuk akan mengganggu kinerjanya hingga macet. Apalagi jika kuncinya terbuat dari bahan stainless steel yang bisa juga berkarat.

Akibat munculnya kotoran pada komponen tersebut saat mencuci kendaraan sehingga sabun akan masuk dan mengering. Kalau tidak, kotoran juga bisa masuk saat hujan.

Kotoran akan masuk ke rumah kunci dan terbawa air hingga mengering, sehingga menyulitkan kunci kontak motor untuk berputar.

Tips cara mengatasi kunci motor tidak bisa diputar

Seiring dengan penggunaan sehari-hari, komponen kendaraan juga bisa mengalami masalah, hal ini juga bisa terjadi pada kunci motor.

Mengunci motor adalah masalah yang sangat serius jika kunci kontak tidak dapat kita putar, itulah sebabnya kendaraan tidak berfungsi dengan baik.

Sebagai pemilik kendaraan, Anda harus selalu memastikan perawatan komponen terkecil seperti itu. Ketika masalah ini muncul, Anda perlu tahu bagaimana menyelesaikannya.

Karena jika kita biarkan tentunya bisa menyebabkan kunci tidak berfungsi lagi. Jangan remehkan masalah kecil pada kendaraan, termasuk kunci kontak.

Kehadiran pengguna sepeda motor semakin meningkat. Meski menggunakan kendaraan ini sederhana dan anti kemacetan, namun masalah bisa saja terjadi.

Apalagi saat musim hujan menjadi masalah serius bagi pemilik kendaraan. Banyak hal yang bisa terjadi saat motor terkena hujan.

Dan salah satunya adalah kunci kontak motor yang bermasalah sehingga macet atau sulit berputar. Karena hujan dapat menyebabkan karat pada bagian tersebut.

Jadi, apa yang perlu Anda lakukan untuk mengatasinya? Ternyata masalah ini bisa kita selesaikan dengan mudah. Jangan paksa kunci Anda untuk berputar sampai menyebabkan masalah baru.

Jika Anda memaksanya, kuncinya mungkin bengkok dan tidak berfungsi lagi. Dengan demikian, tidak mengganggu kebutuhan Anda untuk menggunakan motor.

1. Menggunakan cairan penetrant

Cara mengatasi kunci kontak yang berat berputar adalah dengan menggunakan cairan penetrant. Anda bisa menggunakan cara ini untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan kotoran.

Alasan utama kontak yang bermasalah adalah karena akumulasi kotoran. Karena itu, Anda harus segera menggunakan cairan agar kontak dapat berfungsi kembali.

Semprotkan cairan kunci kontak. Lakukan ini beberapa kali sampai kotoran keluar dan bersih. Sehingga kunci bisa masuk dan keluar tanpa masalah.

Agar tidak merasakan masalah ini, sebaiknya lakukan perawatan sebulan sekali. Beri pelumas dengan baik agar kunci dan kontak dapat bekerja dengan baik.

2. Meminyaki / oli

Jika Anda tidak memiliki cairan penetrant, jangan panik. Oli dapat kita gunakan untuk mengatasi kunci pengapian motor yang sulit berputar. Jika Anda memiliki minyak, Anda perlu menggunakannya untuk mengatasinya.

Pakai yang baru, jangan yang bekas, karena jika bekas akan merusaknya. Ada kotoran yang menempel pada komponen.

Oleskan oli baru ke kunci pas dan tuangkan sedikit ke lubangnya. Setelah itu Anda dapat mencoba masuk dan melihat apakah itu dapat berfungsi kembali atau tidak.

3. Minyak goreng

Ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menarik kontak. Karena berkarat, masalah ini bisa terjadi.

Meskipun menggunakan penetrant cair dan minyak bagus, namun ada solusinya lainnya yaitu minyak goreng. Anda bisa menggunakan minyak goreng baru dan mengaplikasikannya seperti saat menggunakan oli.

Cara ini bisa Anda lakukan agar bisa mempercepat kunci kontak berputar kontak saat Anda memutarnya. Sebagai pemilik kendaraan, Anda perlu memastikan perawatan semua komponen.

Jangan biarkan kunci kontak bermasalah yang dapat menyebabkan kendaraan tidak berfungsi. Kami menyarankan Anda untuk segera mengatasi masalah ini saat kunci kontak motor sulit Anda putar.

Demikian pembahasan tentang cara mengatasi kunci motor tidak bisa diputar, semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk anda semua, terima kasih banyak sudah berkunjung.

Kunjungi juga

Penggunaan lampu hazard

Simak Aturan Penggunaan Lampu Hazard Agar Selamat di Jalan Raya!

Mengenal Aturan Penggunaan Lampu Hazard yang Benar Mengemudi di jalan raya tentu saja memerlukan perhatian …