Cara Menonaktifkan Antivirus Di Laptop

  • Bagikan
Cara Menonaktifkan Antivirus di Laptop
Cara Menonaktifkan Antivirus di Laptop. Sumber Gambar: Google.com

Cara menonaktifkan antivirus di laptop Windows 10 secara permanen dan sementara. Jika Anda ingin menonaktifkan program antivirus di komputer Windows 10 Anda, Anda dapat memeriksa cara di bawah ini. Untuk pengguna Windows, perangkat lunak MiniTool menawarkan perangkat lunak pemulihan data gratis, pengelola partisi disk gratis, perangkat lunak pencadangan dan pemulihan sistem gratis, dll.

Cara Menonaktifkan Antivirus Di Laptop

Terkadang Anda mungkin ingin menonaktifkan antivirus di Windows 10, misalnya, perangkat lunak antivirus mengganggu penginstalan program yang dapat kita percaya, aplikasi antivirus bertabrakan dengan proses Windows tertentu, dll. Jika Anda belum tahu cara menonaktifkan antivirus di Windows 10, Anda bisa simak cara mudah berikut ini.

Namun, perlu Anda ingat bahwa perangkat lunak antivirus rancangannya memang untuk melindungi komputer Anda dari virus, malware, atau bahkan peretas. Anda dapat menonaktifkannya untuk sementara, tetapi pikirkan dua kali sebelum memutuskan untuk menonaktifkannya secara permanen.

Cara menonaktifkan sementara antivirus di Windows 10

Untuk menonaktifkan perangkat lunak antivirus pihak ketiga di Win 10, Anda biasanya dapat mengklik kanan ikon program di sebelah kanan bilah tugas Windows dan memilih Nonaktifkan atau Keluar untuk menonaktifkannya sementara. Jika Anda ingin mengaktifkannya lagi nanti, Anda dapat me-restart komputer Anda.

Anda juga dapat mencoba memulai Windows 10 dalam Safe Mode dan semua perangkat lunak antivirus tidak akan berjalan dalam Safe Mode.

Jika Anda ingin mematikan perlindungan antivirus real-time Windows Defender, Anda dapat menggunakan salah satu dari 2 metode di bawah ini.

Metode 1. Melalui pengaturan keamanan Windows

Tekan Windows + I untuk membuka Pengaturan Windows.

Klik Perbarui & Keamanan -> Keamanan Windows -> Perlindungan virus & ancaman.

Cari bagian “Pengaturan perlindungan virus dan ancaman” di jendela kanan dan klik Kelola pengaturan.

Nonaktifkan opsi “Perlindungan waktu nyata jika Anda nonaktifkan, membuat perangkat Anda rentan”.

Dengan cara ini, Anda dapat menonaktifkan sementara antivirus di Windows 10. Jika Anda ingin mengaktifkan kembali perlindungan antivirus waktu nyata, Anda dapat me-restart komputer Anda atau ikuti langkah yang sama di atas untuk mengaktifkan opsi.

Metode 2. Nonaktifkan Antivirus Windows melalui Kebijakan Grup

Anda dapat menekan Windows + R, ketik gpedit.msc di dialog Run dan tekan Enter untuk membuka Kebijakan Grup di Windows 10.

Klik sebagai berikut: Computer Configuration> Administrative Templates> Windows Components> Microsoft Defender Antivirus.

Di jendela kanan, Anda dapat mengklik dua kali “Nonaktifkan Microsoft Defender Antivirus” dan pilih opsi Activated.

Klik Apply dan klik OK untuk menyimpan perubahan.

Jika Anda ingin mengaktifkan kembali antivirus Windows Defender, Anda dapat mengikuti petunjuk yang sama di atas dan memilih opsi Tidak dikonfigurasi.

Salah memodifikasi Kebijakan Grup dapat menyebabkan kerusakan pada komputer Anda, jadi sebaiknya Anda mengekspor dan membuat cadangan pengaturan Kebijakan Grup Anda sebelum mengubahnya.

Cara menonaktifkan antivirus secara permanen di Windows 10

Untuk menonaktifkan antivirus di Windows 10 secara permanen, Anda dapat menghapus / menghapus program antivirus. Cari tahu cara menghapus program antivirus di komputer Windows 10 Anda.

Anda dapat menekan Windows + R, ketik control panel dan tekan Enter untuk membuka Control Panel di Windows 10.

Anda kemudian dapat mengklik Program dan Fitur. Gulir ke bawah untuk menemukan program antivirus target, klik kanan dan klik Uninstall untuk menghapusnya dari komputer Anda. Dengan cara ini, Anda dapat menonaktifkan antivirus secara permanen di komputer Windows 10 Anda.

Hal utama adalah

Jika Anda perlu menonaktifkan antivirus di Windows 10, Anda dapat mengikuti panduan di atas. Untuk memulihkan data yang hilang di Windows 10, Anda dapat menggunakan perangkat lunak pemulihan data gratis – MiniTool Power Data Recovery.

Antivirus memang program yang sangat bermanfaat. Tetapi, terkadang kita memerlukan antivirus yang tidak aktif. Beberapa program yang sebenarnya aman bisa juga dihapus secara otomatis oleh anti virus. Karena itulah, terkadang kita memang ingin mengatur ulang antivirus kita.

  • Bagikan