Kenapa Facebook Tidak Bisa Dibuka Padahal Kuota Masih Ada
Kenapa Facebook Tidak Bisa Dibuka Padahal Kuota Masih Ada. Sumber Gambar: Google.Com

Kenapa Facebook Tidak Bisa Dibuka Padahal Kuota Masih Ada

Kenapa Facebook tidak bisa dibuka padahal kuota masih ada. Facebook telah menjadi salah satu jaringan media sosial yang paling banyak penggunanya sejak zaman kuno. Keberadaan Facebook tidak dapat tergantikan oleh aplikasi media sosial apapun, baik itu Instagram, WhatsApp, dan TikTok. Apalagi untuk mengakses aplikasi media sosial lainnya kita membutuhkan akun Facebook.

Facebook kita gunakan sebagai alat komunikasi yang memudahkan dua orang atau lebih yang berjauhan untuk berkomunikasi, terlebih lagi Facebook juga merupakan salah satu media yang kita gunakan untuk menambah pertemanan di seluruh dunia.

Kenapa Facebook tidak bisa dibuka padahal kuota masih ada

Untuk login ke Facebook kita membutuhkan data internet. Saat login ke Facebook, tidak sedikit orang yang mengalami berbagai macam masalah, misalnya Facebook tidak bisa terbuka padaha masih ada kuota. Karena itu terjadi pada pertanyaan beberapa orang. Jadi kenapa Facebook tidak bisa Anda buka padahal kuota masih ada? Faktanya, ada beberapa hal yang membuat Facebook tidak bisa Anda akses, antara lain sebagai berikut:

Alasan kenapa Facebook tidak bisa dibuka padahal kuota masih ada

Mengapa gagal membuka Facebook.

  1. Banyak Cache

Cache adalah proses penyimpanan data sementara, biasanya cache yang menumpuk mempengaruhi konektivitas aplikasi yang kita gunakan. Cache yang menumpuk biasanya menjadi salah satu penyebab Facebook dan aplikasi lain gagal terbuka. Tetapi beberapa orang tidak menyadari penumpukan cache.

  1. Masalah jaringan

Masalah jaringan juga merupakan salah satu masalah paling umum yang mencegah seseorang masuk ke Facebook. Satu-satunya solusi untuk masalah jaringan ini adalah menunggu jaringan telepon kembali normal atau pindah ke lokasi dengan jaringan yang baik.

  1. Perangkat yang Anda gunakan

Penyebab lain yang membuat Facebook tidak bisa Anda akses adalah adanya masalah pada perangkat yang Anda gunakan baik itu perangkat Android, iOS atau bahkan Windows.

  1. Menggunakan Kuota Belajar Kemdikbud

Terlepas dari beberapa hal di atas yang membuat platform Facebook tidak bisa kita akses meskipun share internet masih tersedia karena kuota yang Anda gunakan adalah share Kemendikbud yang tujuannya untuk pembelajaran online di rumah.

Pasalnya kuota Kemendikbud hanya bisa kita gunakan untuk pembelajaran dan pemerintah telah memblokir akses ke berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram dan Tiktok sehingga tidak akan bisa mengakses beberapa platform tersebut dengan kuota Kemendikbud ini.

Jika facebook tidak bisa kita buka jangan buru-buru buat akun baru. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan jika menjumpai facebook yang tidak bisa  kita buka padahal kuota masih ada, maka solusinya adalah sebagai berikut.

Solusi Facebook tidak dapat dibuka

  1. Hidupkan ulang / restart HP

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah me-restart ponsel Anda, dengan cara ini Anda dapat mengembalikan operasi normal aplikasi, tetapi perlu kita ingat bahwa metode ini akan bekerja tanpa masalah jika masalahnya hanya RAM penuh atau perlambatan.

  1. Bersihkan cache

Jika cara pertama masih membuat tidak bisa mengakses Facebook, cara selanjutnya adalah mengosongkan cache Facebook. Caranya cukup sederhana yaitu dengan membuka setting, lalu application manager > pilih facebook > memory usage > clear data to clear data dan clear cache to clear cache.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan kombinasi dengan menutup atau menghapus data aplikasi secara paksa.

  1. Pembaruan aplikasi

Cara selanjutnya adalah dengan mengupdate aplikasi facebook, dengan mengupdate aplikasi anda dapat memperbaiki bug yang ada pada aplikasi sebelumnya. Update aplikasi Facebook sangat mudah, cukup kunjungi Playstore atau Appstore. Kemudian ketik facebook ke mesin pencari. Jika aplikasi ada opsi pembaruan, maka klik Perbarui dan Anda akan mendapatkan aplikasi versi terbaru.

  1. Copot dan Instal Ulang

Cara selanjutnya adalah Anda dapat menghapus sementara aplikasi Facebook dan kemudian menunggu beberapa jam. Kemudian unduh lagi aplikasinya dari Playstore atau Appstore. Kemudian masuk ke akun Facebook Anda.

  1. Aktifkan Mode Pesawat

Untuk masalah jaringan, maka dapat kita selesaikan dengan menunggu jaringan kembali normal. Masalah jaringan seluler juga dapat kita selesaikan dengan mengaktifkan mode pesawat. Jadi, mode ini tidak hanya berfungsi saat kita berada di dalam pesawat. Aktifkan mode pesawat sebentar.  Kemudian, aktifkan data lagi.

  1. Perubahan APN

Jika cara-cara sebelumnya tidak membuat Facebook dapat kita akses kembali, cara selanjutnya adalah mengganti APN. Anda dapat mengubahnya menjadi APN internet atau APN lain.

  1. Beli kuota Anda

Tips ini hanya berlaku bagi Anda yang memperoleh atau menggunakan kuota dari pemerintah. Atau dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kuota tunjangan belajar dari pemerintah ini tidak dapat kita gunakan untuk mengakses berbagai platform media sosial, termasuk Facebook. .

Kata terakhir

Itulah beberapa penyebab dan solusi saat facebook tidak bisa kita akses padahal kuota masih ada. Kami berharap solusi ini dapat membantu Anda jika Anda mengalami masalah saat masuk ke Facebook.

Kunjungi juga

erp cloud

Penjelasan Cloud ERP Keuntungan, Risiko dan Solusi Populer

Cloud ERP adalah sistem perencanaan sumber daya perusahaan berbasis cloud. Ini menawarkan banyak keuntungan bisnis …