Faskes Tingkat 1 Terdekat
Faskes Tingkat 1 Terdekat. Sumber Gambar: Google.com

Faskes Tingkat 1 Terdekat

Faskes tingkat 1 terdekat. Sebagai salah satu upaya untuk mengangkat derajat masyarakat, pemerintah membuat program bantuan sosial kesehatan secara nasional. Badan ini adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau biasa disebut BPJS. Melalui program ini, masyarakat dapat mengakses layanan di berbagai fasilitas kesehatan tanpa membayar sepeser pun. Sedangkan masyarakat harus membayar iuran bulanan yang tergantung pada kelas layanan yang dipilih dari kelas 1 hingga kelas 3.

Ada juga struktur berbeda yang diterima oleh setiap kelas, biasanya berkomitmen untuk layanan rawat inap di RS. Namun, tidak semua penyakit bisa ditanggung BPJS.

Faskes tingkat 1 terdekat

Nah, jika Anda tertarik dengan layanan kesehatan ini, Anda perlu mendaftar di pusat layanan BPJS terdekat. Salah satu hal terpenting tentang pendaftaran adalah Anda harus memilih fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama. Fasilitas kesehatan ini dapat merujuk pasien untuk perawatan lebih lanjut.

Artinya, jika Anda sakit, Anda harus mengunjungi fasilitas kesehatan terlebih dahulu. Mereka akan menilai Anda kemudian untuk tindakan lebih lanjut atas gejala yang Anda keluhkan. Jika fasilitas kesehatan pertama membutuhkan dukungan pihak lain, dalam hal ketersediaan fasilitas kesehatan yang lebih lengkap, Anda akan menerima surat rujukan.

Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk memilih fasilitas kesehatan pertama yang tepat dan sesuai. Tidak perlu takut karena fasilitas kesehatan kelas dunia yang bekerja sama dengan BPJS kini tersebar di berbagai wilayah di Indonesia termasuk desa, kabupaten, dan kota. Dengan cara ini Anda dapat dengan cepat menemukan fasilitas yang Anda inginkan. Jadi bagaimana Anda memilih fasilitas kesehatan yang paling tepat?

Tips memilih faskes tingkat 1 terdekat

Saran pemilihan fasilitas kesehatan BPJS

1. Lokasi

Jika ingin memilih fasilitas kesehatan, Anda bisa memilih fasilitas kesehatan yang paling dekat dengan tempat tinggal Anda terlebih dahulu. Hal ini penting karena lokasinya memudahkan Anda untuk menjangkau fasilitas kesehatan jika Anda membutuhkannya. Apalagi jika kondisinya sangat mendesak dan membutuhkan perhatian medis segera.

2. Waktu layanan

Setelah lokasi ditentukan, hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah waktu pelayanan fasilitas kesehatan. Pilih fasilitas kesehatan yang menawarkan layanan 24 jam, karena situasi darurat tidak dapat diprediksi kapan muncul.

Karena layanan ini buka 24 jam sehari, Anda tidak perlu khawatir jika tiba-tiba membutuhkan bantuan medis di tengah malam. Juga, hubungi fasilitas kesehatan agar Anda dapat segera mendapatkan bantuan medis jika Anda membutuhkannya.

3. Fasilitas pelayanan kesehatan dengan pelayanan rawat inap

Tidak hanya tutup dan buka 24 jam sehari, fasilitas kesehatan tertentu juga harus menyediakan layanan rawat inap. Hal ini perlu karena Anda mungkin memerlukan faskes tingkat 1 terdekat semacam ini di masa mendatang.

Selain itu, fasilitas ini juga dapat menghemat waktu dan tenaga karena Anda tidak perlu lagi mencari kamar perawatan di rumah sakit lain.

4. Kelengkapan fasilitasnya

Hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan dalam memilih fasilitas kesehatan BPJS adalah kelengkapan. Anda perlu tahu layanan mana yang tersedia dan mana yang tidak.

Jika fasilitas yang ada cukup lengkap, mereka dapat merawat atau memeriksa Anda di fasilitas kesehatan. Lain halnya jika fasilitas yang tersedia tidak lengkap, Anda harus menghabiskan lebih banyak waktu untuk inspeksi di tempat yang berbeda.

5. Kenyamanan

Hal terakhir yang tak kalah penting dalam menentukan fasilitas kesehatan BPJS adalah rasa nyaman. Baik tempat maupun sumber daya manusia yang ada, termasuk dokter. Jika kurang nyaman sebaiknya jangan memilih faskes tersebut karena akan mempengaruhi kondisi kesehatan Anda.

Ini berarti Anda harus terlebih dahulu mempercayai layanan kesehatan yang ada di oleh fasilitas kesehatan sebelum memilihnya. Biasanya ini berdasarkan pengalaman, informasi di internet atau saran dari orang-orang terdekat Anda. Jika Anda merasa aman dan nyaman, proses pemeriksaan dan pengobatan dapat berjalan dengan lancar.

Bijaksana dan jaga kesehatan Anda

Demikian beberapa tips yang perlu Anda tahu dalam memilih faskes tingkat 1 terdekat BPJS. Sebenarnya, pemilihan institusi kesehatan ini cukup sederhana. Namun Anda tetap harus cermat dan teliti. Ini karena institusi kesehatan menentukan keteraturan pemeriksaan dan pengobatan seseorang.

Meskipun memiliki BPJS itu mudah, Anda tetap harus menggunakannya dengan hati-hati. Silahkan mempergunakan dengan benar dan bertanggung jawab. Yang tidak kalah pentingnya adalah pembayaran iuran bulanan secara rutin.

Terakhir, jaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan jauh dari penyakit. BPJS membuat segalanya lebih mudah. Tetapi akan lebih mudah ketika kita tidak sakit. Tetap kuat dan sehat, selalu!

Kunjungi juga

Film Horor Indo

Daftar Film Horor Indo yang Terkenal Pada Jamannya

Film horor Indo yang terkenal pada jamannya. Dari berbagai jenis, film horor Indonesia juga termasuk …