Tips  

Cara Mudah Pembagian Dasar

Cara Mudah Pembagian Dasar
Cara Mudah Pembagian Dasar. Sumber Gambar: Pinterest.com

Tips cara mudah pembagian dasar untuk pelajar. Selamat datang di artikel tutorial dan panduan praktis. Setiap materi akan dibahas dan ditinjau secara ekstensif dan jelas dengan cara apa pun yang memungkinkan. Termasuk formula, sampel dan pemecahan masalah dan studi kasus

Cara mudah pembagian dasar

Matematika merupakan salah satu ilmu dasar yang sangat penting. Karena dalam matematika ini, kita bisa melakukan berbagai perhitungan. Mulai dari transaksi jual beli hingga menghitung pengoperasian suatu instrumen. Dalam panduan ini, kita akan kembali ke matematika dasar, yaitu cara menghitung pembagian dengan mudah dan benar.

Pembahasan matematika dasar bagian ini mendukung pengetahuan dasar matematika itu sendiri, yang telah dipelajari sejak sekolah dasar atau sekolah menengah dan masih berguna bahkan di perguruan tinggi. Meskipun ini adalah salah satu materi matematika dasar, sebagian besar siswa sekolah dasar yang mempelajarinya akan kesulitan untuk membuat pembagian ini. Pembagian adalah operasi aritmatika sederhana yang merupakan kebalikan dari perkalian. Operasi pembagian ditunjukkan dengan (÷) (pembagian) atau / (garis miring).

Penjelasan cara mudah pembagian dasar

Pembagian adalah kebalikan dari operasi perkalian. Konsep pembagian adalah pengurangan berulang dari pembagi sampai sisanya adalah 0. Banyaknya pembagi adalah hasil dari pembagian. Misalnya 18:2 = 18-2-2-2-2-2-2-2-2 = 0, jadi 18:2 = 9.

Jika operasi perkalian dapat digambarkan sebagai c kali b, maka itu sama dengan aa dalam rumus berikut;

c x b = a

Tetapi nilai b tidak boleh nol, sehingga operasi pembagian a dibagi dengan b sama dengan c, seperti pada rumus berikut;

a / b = c.

Dalam naskahnya sendiri, pembagian sering ditulis dengan menempatkan pembilang di atas penyebut dengan garis horizontal memisahkan pembilang dan penyebut.

BACA JUGA:   Cara Daftar I Saku Dengan Mudah Melalui Smartphone

Cara menghitung pembagian / Cara menghitung pembagian dengan mudah

Untuk menulis pembagian dalam satu baris, sering digunakan untuk menggantikan garis horizontal.

a/b

Menulis / banyak digunakan dalam bahasa pemrograman komputer karena memudahkan penulisan. Dalam aritmatika, pembagian sering ditulis dengan tanda

a / b

Tips cara mudah pembagian dasar . Ada beberapa cara untuk menentukan hasil pembagian, salah satunya adalah dengan pembagian susun. Cara pembagian ini sedikit berbeda dari biasanya karena cara ini terkesan lebih panjang, namun hasilnya lebih akurat.

Misalnya mengerjakan soal 3780:12 = …….

pembaginya adalah 12

PEMBAGIAN-SUSUN
Pembagian Susun

Karena pembaginya adalah 12, kalikan 12 × 1 dengan 12 × 9 seperti gambar di bawah ini:

12×1 = 12

12×2 = 24

12×3 = 36

12 x 4 = 48

12 x 5 = 60

12 x 6 = 72

12 x 7 = 84

12 x 8 = 96

12 x 9 = 108

Sebenarnya penjelasan cara mudah pembagian dasar atas juga bisa dilanjutkan sampai menemukan bilangan dikalikan 12 dengan hasil 3780, yang tentunya akan memakan waktu lama.

Ini adalah tips cara mudah pembagian dasar. Meski begitu, jika Anda ingin melihat lebih lanjut detailnya, kami tuliskan dibawah.

Tips selengkapnya

Berdasar hasil diatas dapat dilihat bahwa 12 adalah dua digit, jadi bilangan yang dibagi juga memiliki dua digit terlebih dahulu, artinya 3780 memiliki angka 37 terlebih dahulu (kecuali jika kedua angka itu masih lebih kecil dari pembagi, diambil tiga digit, mis. 378 ).

Karena pada contoh di atas 37 lebih besar dari 12, maka kita hanya perlu mengambil dua buah bilangan 37 seperti di bawah ini:

12/3 7 8 0

Kita mencari bilangan 37 pada hasil perkalian di atas, ternyata tidak ada, maka kita ambil bilangan di bawah 37 yaitu…. yaitu angka 36 (12 x 3) jadi kita tulis angka 36 di bawah angka 37 diikuti dengan pengurangan 37 – 36 = 1, kita tulis angka 1 di bawah angka 36.

BACA JUGA:   Cara Mengganti Virtual Background Zoom di HP Android

Karena 36 adalah 12 x 3, hasil bilangan pertama adalah 3

Setelah menemukan angka tersebut, mari kita beralih ke angka 8 di bawah angka 1 hingga angka 18:

Jadi, mencari angka 18 pada hasil perkalian di atas ternyata tidak ada, jadi kita ambil angka di bawah 18 yaitu angka 12 (12 x 1), tulis angka 12 di bawah angka 18 dan langsung menghitung pengurangan 18 – 12 = 6, tuliskan angka 6 di bawah angka 12. Karena 12 adalah hasil dari 12 x 1, hasil dari angka kedua adalah angka 1, angka tersebut sekarang menjadi 31.

Dari hasil di atas, angka 3789 yang akan direduksi untuk mengiringi angka 6 dan angka 60.

Dari angka 60, cari apakah ada perkalian dengan angka 12, dan ternyata ada, lalu tulis saja di bawah angka 60 yang ada dan segera hitung pengurangannya dengan hasil 0 (akhiri kasus! ):

Jadi hasil dari 3780: 12 = 315

Kesimpulan

Namun, jika angka terakhir dari bilangan yang dibagi masih menyisakan sebuah bilangan, pembagian tumpukan ini tetap dilanjutkan dengan menambahkan angka nol pada bilangan yang diturunkan untuk mendapatkan bilangan desimal pada hasil pembagian. Misalnya, jika kita membagi dengan 378:12, hasilnya adalah 31,5.

Demikian Tips cara mudah pembagian dasar dalam pelajaran matematika unruk para pelajar. Semoga ilmu ini dapat membantu dan menambah informasi bagi para pembaca, sampai jumpa di panduan praktis selanjutnya.