Porting Motor Adalah
Porting Motor Adalah

Porting Motor Adalah

Modifikasi seperti porting motor adalah cara praktis meningkatkan performa mesin. Jika Anda ingin mendongkrak performa mesin motor kesayangan Anda. Bagi penggemar modif, biasanya memilih langkah yang paling mudah dan praktis yaitu bore up. Akibatnya, konsumsi bensin akan lebih boros dan berujung pada peningkatan kapasitas mesin.

Karena alasan ini, ada juga pengendara sepeda motor yang lebih suka porting dan polish secara bersamaan. Performa dari ubahan yang diberikan tidak dapat diremehkan. Dan konsumsi bahan bakar lebih efisien. Jadi seperti apa porting yang juga dihaluskan ini? Mengapa ubahan ini begitu layak dilakukan. Terutama bagi Anda yang ingin mengupgrade performa mesin namun tetap irit? Ini adalah keuntungan dan kerugian dari porting dan polish sepeda motor.

Porting motor adalah

Porting pada sepeda motor standar merupakan salah satu jenis modifikasi pada kendaraan. Perubahan dilakukan agar mesin lebih bertenaga dan tarikan lebih cepat saat berakselerasi.

Porting dan polish adalah penyesuaian manual menggunakan alat khusus dengan metode memperluas jalur masuk dan keluar pembakaran internal mesin. Oleh karena itu, pemilik sepeda motor melakukan Porting dan polish untuk meningkatkan performa.

Namun perlu anda ketahui sebelum anda melakukan hal tersebut. Porting dan polish pada motor versi standar ternyata ada efek negatifnya. Apa itu?

Beda polish dan porting motor adalah

Bagian yang perlu didesain ulang untuk aliran udara yang lebih lancar

Sebenarnya Porting dan Polish adalah dua jenis pekerjaan yang berbeda. Jadi kalau mau salah satu atau yang lain juga tidak apa-apa. Porting memiliki arti mengkonfigurasi ulang saluran intake dan exhaust agar sesuai dengan tujuan mekanis membangun mesin. Karena mesin tersebut merupakan produksi masal, maka tingkat presisi tentunya perlu ditingkatkan agar performa mesin menjadi lebih baik.

Untuk mencari performa mesin, tentunya porting harus dilakukan untuk memperlancar aliran udara masuk dan keluar. Karena dengan meningkatkan efisiensi volumetrik mesin maka secara otomatis akan meningkatkan tenaga mesin. Agar berada pada jalur yang benar, flowbench menjadi syarat mutlak bengkel sebagai alat ukur volumetrik (udara dan bahan bakar) yang masuk ke ruang bakar.

Aliran udara dan BBM di kepala silinder. Sudutnya lebih landai membuat aliran udaranya lebih lancar

Keuntungan porting

Keuntungan porting motor adalah sebagai berikut.

  • Konsumsi bahan bakar lebih hemat dan sebanding dengan energi yang dihasilkan
  • Karakteristik mesin dapat disesuaikan dengan gaya berkendara
  • Desain lebih meningkatkan kecepatan aliran udara
  • Tarikan motor lebih responsif

Kerugian porting

  • Pengerjaan relatif mahal
  • Pekerjaan harus dilakukan oleh mekanik ahli
  • Riset sebelum memutuskan desain

Polish

Porting motor adalah berbeda dengan Polish, meskipun ada miripnya. Untuk Polish, permukaan dihaluskan di area lubang masuk dan keluar. Misalnya menghilangkan lapisan kulit jeruk pada port sebelumnya. Karena diameter port bertambah, maka pekerjaan ini bisa disebut juga sebagai porting. Jadi, tidak bisa dilakukan sembarangan. Jika saluran dibuat terlalu halus, maka campuran Udara dan BBM kurang tercampur sempurna. hasilnya, menjadi lebih susah dibakar.

Jika polish pada intake salah, aliran BBM dan udara menjadi kacau.

Sekarang banyak tuner profesional tidak mau melakukan polish di port intake. Karena ini membuat campuran bensin dan udara kurang homogen. Sehingga lebih sulit untuk dibakar. Kebanyakan dilakukan hanya pada lubang exhaust saja sehingga kotoran sulit menempel. Aliran tidak akan terganggu. Mesin tetap lancar meski umur operasional mesin telah menempuh ribuan kilometer.

Di bawah ini adalah efek positif dan negatif porting polish yang dilakukan pada motor standar.

Efek positif porting dan polish motor

  • Mesin responsif

Tidak dapat dipungkiri bahwa penerapan metode port polishing pada kendaraan bermotor dapat meningkatkan performa mesin. Itu karena saluran aliran udara menjadi lebih besar dan halus. Sehingga tidak ada gejala terhambat lainnya. Oleh karena itu, banyak pemilik kendaraan yang memodifikasi sepeda motornya untuk kebutuhan sehari-hari menggunakan cara ini.

  • Aliran udara lebih lancar

Ini adalah seperti yang disebut didepan

  • Kerak mesin sulit menempel pada lubang pembuangan

Karena aliran lancar, maka kerak tidak sempat timbul pada saluran exhaust motor.

Jadi, keuntungan porting motor adalah seperti disebutkan diatas. Untuk kerugiannya, sebagai berikut.

Efek negatif  polish dan porting motor

  • Bahan bakar harus berkualitas baik

Saat menerapkan metode Porting dan Polish, seringkali banyak hal yang harus ditanggung pemilik motor. Seseorang harus mengganti bahan bakar minyak (BBM) dengan kualitas oktan tinggi. Jika menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai, tarikan justru menjadi lebih loyo.

  • Aplikasi Porting dan Polish hanya dapat dilakukan pada exhaust

Ini karena saluran masuk perlu perhitungan supaya BBM dan Udara tercampur sempurna. Jika kita ubah begitu saja, aliran di saluran ini justru kurang tercampur.

Untuk saluran buang, tidak perlu, karena hanya tinggal buang saja.

  • Turbulensi tak bisa terkendali

Turbulensi di saluran masuk tidak bisa dikendalikan. Jadi, BBM dan Udara mungkin tidak tercampur sempurna tanpa Turbulensi yang tepat.

Jadi, porting motor adalah upaya memperbesar saluran masuk dan buang untuk BBM dan udara. Supaya lebih lancar. Juga, membentuknya ulang lebih landai.

Kunjungi juga

Mobil Murah 2022

Daftar Mobil Murah 2022 dari Merk Ternama

Mobil murah 2022 dari merk ternama. Menemukan mobil murah adalah salah satu pilihan terbaik untuk …