Cara Memakai Skin Care yang Benar
Cara Memakai Skin Care yang Benar

Cara Memakai Skin Care yang Benar

Cara memakai Skin Care yang benar. Penggunaan perawatan kulit wajah bagi sebagian besar orang adalah hal yang wajib dilakukan dan tidak ada satu hari pun yang boleh dilewatkan. Tujuannya tak lain untuk menjaga kondisi kulit agar selalu sehat dan tampak awet muda.

Namun, tahukah Anda bahwa perawatan kulit wajah tidak boleh digunakan sembarangan? Urutan penggunaan produk perawatan kulit yang salah bisa berdampak kurang optimal pada kondisi kulit. Bahkan, bisa juga menimbulkan berbagai masalah pada kulit wajah.

Cara memakai Skin Care yang benar

Selain itu, untuk perawatan kulit wajah jenis ini, pada pagi dan malam hari, ada aturan pakai yang berbeda lho! Bagi yang rutin menggunakan produk perawatan kulit wajah setiap hari, sebaiknya perhatikan urutan penggunaan produk kecantikan tersebut. Namun, bagi Anda yang masih baru dan sudah lama tidak merawat kulit wajah, yuk cari tahu dulu urutan penggunaan produk perawatan kulit wajah di pagi dan sore hari berikutnya.

Atur penggunaan produk perawatan kulit di pagi hari

Cara memakai Skin Care yang benar di pagi hari

Penggunaan produk perawatan kulit wajah di pagi hari lebih difokuskan untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV dan polusi udara. Agar manfaat tersebut bisa didapatkan secara maksimal, inilah urutan penggunaan skincare di pagi hari.

1. Sabun Pembersih Wajah (Face Wash/Foam)

Setelah bangun tidur, usahakan untuk segera menggunakan pembersih wajah agar kotoran dan minyak yang mengendap sepanjang malam dapat segera dibersihkan. Dengan begitu, saat kondisi wajah sudah bersih, Anda bisa dengan mudah mengaplikasikan produk perawatan kulit selanjutnya sehingga bisa terserap maksimal ke dalam kulit.

2. Toner wajah

Setelah mengoleskan pembersih wajah, Anda bisa menggunakan toner wajah untuk menghilangkan sisa kotoran dan minyak. Selain itu, penggunaan toner wajah bagi mereka yang bermasalah dengan jerawat juga dapat membantu mengurangi peradangan. mengecilkan jerawat, dan mencegah timbulnya jerawat baru. Mengoleskan toner juga mengembalikan pH kulit menjadi normal dan membuat kulit lebih bersedia menerima produk perawatan kulit lainnya.

3. Essence

Di urutan ketiga cara memakai Skin Care yang benar. Essence adalah salah satu produk perawatan kulit yang wajib dimiliki di pagi hari untuk para wanita. Essence berguna untuk melembabkan kulit dan mempermudah penyerapan produk perawatan kulit untuk wajah lebih banyak.

Tidak hanya itu, esensinya juga menenangkan dan menutrisi kulit serta mencegah penuaan. Cara pengaplikasian essence ini juga sangat mudah. Yaitu dengan menuangkan beberapa tetes produk di telapak tangan dan dioleskan atau ditepuk-tepuk secara merata di permukaan wajah.

4. Serum wajah

Kemudian, Anda bisa mengoleskan serum wajah untuk rutinitas perawatan kulit Anda di pagi hari. Dibandingkan krim wajah atau pelembap, serum wajah mampu menyerap ke dalam kulit lebih efektif. Cara pengaplikasiannya juga tidak jauh berbeda dengan essence yaitu dengan cara dituang sedikit ke permukaan tangan dan dioleskan secara merata pada kulit wajah dan leher.

5. Pelembab

Salah satu cara memakai Skin Care yang benar adalah menggunakan pelembab. Fungsi dari produk perawatan kulit ini adalah untuk melembabkan dan menghaluskan kulit wajah. Bagi yang memiliki masalah kulit wajah kering, coba pilih pelembap yang memiliki tekstur creamy.

Sedangkan untuk jenis berminyak, pelembab yang mengandung gel atau cair paling cocok untuk dipilih. Penggunaan pelembap bisa dilewati jika dirasa serum atau toner wajah mampu menghidrasi kulit. Terutama untuk kulit berminyak.

6. Tabir surya

Yang penting lagi untuk menggunakan produk perawatan kulit di pagi hari adalah tabir surya atau sunblock. Dengan menggunakan skincare, kulit akan terlindungi dari sinar matahari yang dapat menyebabkan penuaan.

Agar dapat memberikan manfaat yang maksimal, usahakan untuk mengoleskan tabir surya 15-30 menit sebelum beraktivitas agar kulit dapat menyerapnya dengan sempurna. Baru setelah Anda selesai mengoleskan tabir surya ke kulit Anda bisa mengaplikasikan kosmetik atau make-up seperti biasa.

Cara memakai Skin Care yang benar malam hari

Berbeda dengan penggunaan di pagi hari, perawatan kulit di malam hari bermanfaat untuk menenangkan kulit wajah. Meski penataannya tidak jauh berbeda dengan di pagi hari, namun penggunaan skincare di malam hari memiliki beberapa tahapan tambahan. Untuk lebih jelasnya, berikut urutan penggunaan produk perawatan kulit malam yang benar.

1. Make-up remover

Hal pertama yang harus dilakukan dalam rutinitas perawatan kulit malam Anda adalah membersihkan wajah setelah hari yang sibuk dengan make-up remover. Tujuannya tak lain untuk menjaga kesehatan kulit dan menghindari efek samping kosmetik yang menempel di wajah.

Secara umum, Anda bisa menggunakan makeup remover yang mengandung bahan berbasis minyak agar kosmetik berbahan dasar minyak lebih mudah dihilangkan. Namun, untuk orang dengan kulit berminyak, mungkin lebih baik memilih makeup remover yang mengandung air agar kulit tidak semakin berminyak.

2. Pembersih wajah

Setelah menghapus riasan wajah, Anda perlu membersihkan kulit lagi dengan mencuci muka. Hal ini berguna untuk memastikan tidak ada lagi kotoran, minyak atau sisa kosmetik yang tertinggal di kulit wajah.

Tergantung pada jenis kulit Anda, Anda dapat menggunakan air misel, susu pembersih, atau minyak pembersih untuk membersihkan wajah secara optimal. Pastikan untuk membilas pembersih wajah ini dengan baik dengan air mengalir.

3. Lulur atau scrub wajah

Membersihkan kulit wajah dengan exfoliating atau pengelupasan kulit wajah dapat melengkapi tahapan penggunaan perawatan kulit wajah pada malam hari. Dengan menggunakan produk ini, sel kulit mati akan terangkat dari wajah. Namun, perlu Anda ketahui bahwa penggunaan peeling ini tidak boleh dilakukan setiap hari, tetapi cukup seminggu sekali.

4. Toner

Urutan cara memakai Skin Care yang benar adalah menggunakan Toner. Tidak jauh berbeda dengan rutinitas perawatan kulit pagi Anda, Anda bisa menggunakan toner setelah mencuci muka. Dalam rangkaian perawatan kulit wajah, aplikasikan toner yang mengandung asam hialuronat, gliserin dan asam laktat agar kulit dapat menjaga kelembapannya sepanjang malam.

5. Serum wajah

Setelah toner, serum wajah adalah langkah selanjutnya dalam perawatan kulit malam Anda. Serum wajah memiliki fungsi yang hampir sama ketika digunakan sebagai night skincare, yaitu melembabkan dan melembutkan kulit wajah.

6. Lotion mata

Cara memakai Skin Care yang benar pada malam hari ada sedikit perbedaan dengan pagi hari. Tidak dilakukan di pagi hari, rutinitas perawatan kulit malam hari Anda membutuhkan penggunaan krim mata atau krim mata. Penggunaan lotion ini untuk perawatan kulit sangat penting, terutama bagi mereka yang memiliki masalah dengan kantung mata, mata panda atau kerutan. Tips Dalam memilih krim mata, pastikan menggunakan produk dengan konsentrasi tinggi, misalnya peptida dan antioksidan.

7. Krim malam dan sleeping mask

Tidak hanya krim mata, penggunaan krim malam dan masker tidur juga penting saat menjalani rutinitas perawatan kulit malam. Krim malam ini memiliki fungsi yang mirip dengan pelembab yang digunakan dalam rutinitas perawatan kulit pagi Anda. Namun, produk perawatan kulit ini memiliki peran tambahan, yaitu memudarkan flek atau noda hitam serta menyembunyikan kerutan di wajah.

Sedangkan, penggunaan sleeping mask bersifat opsional. Namun, jika Anda menginginkan hasil perawatan kulit yang maksimal, Anda bisa mengaplikasikan masker tidur ini secara rutin sebelum tidur.

Tetap sesuaikan produk perawatan kulit wajah Anda dengan jenis dan kebutuhan kulit Anda untuk mencapai hasil yang maksimal

Pada dasarnya, setiap orang memiliki kebutuhan produk perawatan kulit yang berbeda-beda. Selengkap apapun produk perawatan kulit yang Anda gunakan. jika Anda menggunakannya dengan cara yang tidak tepat atau tidak sesuai dengan kondisi kulit Anda, hasilnya juga tidak akan sempurna. Jadi, selain mengikuti tips skincare routine pagi dan sore hari di atas, pastikan untuk menggunakan produk skincare yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulitmu.

Inilah tips cara memakai Skin Care yang benar. Semoga bermanfaat.

Kunjungi juga

erp cloud

Penjelasan Cloud ERP Keuntungan, Risiko dan Solusi Populer

Cloud ERP adalah sistem perencanaan sumber daya perusahaan berbasis cloud. Ini menawarkan banyak keuntungan bisnis …