Cara Mencari Data yang Sama di Excel dengan VLOOKUP

  • Bagikan
Cara Mencari Data yang Sama di Excel dengan VLOOKUP
Cara Mencari Data yang Sama di Excel dengan VLOOKUP

Cara mencari data yang sama di Excel dengan VLOOKUP. Saat sebelum kita bisa menekuni metode memakai Vlookup Excel, kita butuh mengenali apa itu VLOOKUP serta metode kerjanya di Microsoft Excel. Rumus Vlookup merupakan salah satu rumus standar Excel yang tercantum dalam jenis” pencarian serta rujukan” serta hendak kerap diperlukan di tempat kerja. Rumus Excel Vlookup merupakan rumus Excel yang berperan buat mencari informasi di kolom awal tabel informasi kemudian mengambil nilai dari tiap sel di baris yang sama bersumber pada tabel informasi tersebut.

Awalan” V” buat kata Vlookup merupakan singkatan dari kata Vertikal. Sebutan vertikal mengacu pada wujud tabel rujukan yang digunakan, dengan header ataupun judul tabel di bagian atas serta bidang informasi secara vertikal ke dasar. Guna rumus Vlookup Excel ini ada di seluruh tipe Microsoft Excel, baik tipe Excel 2016, Excel 2013, Excel 2010, Excel 2007, Excel 2003, Excel XP ataupun Excel 2000. Apa itu rumus serta metode memakai rumus Vlookup di Excel? Ikuti bimbingan lengkapnya dibawah ini.

Cara mencari data yang sama di Excel dengan VLOOKUP

Formula Fungsi

  1. Excel VLOOKUP

Vlookup adalah singkatan dari Vertical Lookup, adalah rumus Excel yang berfungsi untuk mencocokkan data dari dua daftar. VLOOKUP adalah bagian dari fungsi SEARCH, serta HORIZONTAL SEARCH, INDEX, dan MATCH. Dengan menggunakan rumus Vlookup ini, kita dapat mengisi data dalam sebuah tabel berdasarkan data pada tabel referensi lain dengan menggunakan nilai tertentu. Kita dapat menggunakan fungsi Vlookup di Excel yang mengikuti aturan penulisan berikut:

  • Sintaks: =VLOOKUP(nilai_pencarian, susunan_tabel, jumlah_indeks_kol, rentang_pencarian)

Dari sintaks di atas, kita dapat melihat bahwa metode Vlookup dalam rumus Excel memiliki empat bagian, yaitu:

  • Lookup_value: Nilai yang akan dicari.

Nilai yang ingin kita cocokkan dengan nilai yang ada di lookup_value table_array harus berada paling kiri dari tabel array.

  • Table_array: Tabel referensi untuk mengambil data.

Ingat bahwa nilai pencarian harus di kolom pertama agar VLOOKUP berfungsi dengan benar. Oleh karena itu, rumus Excel VLOOKUP tidak berfungsi.

  • Col_index_num: Nomor kolom di table_array yang berisi nilai data dan kami ingin mendapatkan nilainya.
  • Range_lookup: diisi dengan Boolean TRUE atau FALSE.

Nilai logika dalam rumus VLOOKUP digunakan sebagai acuan untuk menentukan apakah kita ingin VLOOKUP mencari hasil yang sama persis atau hanya mencari nilai terdekat saja.

BENAR: Vlookup mencari lookup_value di table_array yang sama dengan atau mendekati. Jika nilai yang sama tidak dapat ditemukan, nilai maksimum berikutnya yang lebih kecil dari nilai lookup_value akan dikembalikan.

SALAH: Vlookup menemukan lookup_values di table_array yang hanya sama. Jika tidak ditemukan, Vlookup menghasilkan pesan terakhir yang mengatakan #NA!

  1. Siapkan data untuk melakukan cara pencarian data yang sama di Excel

Cara mencari data yang sama di Excel dengan VLOOKUP.

Untuk lebih memahami cara menemukan data yang sama di Excel menggunakan rumus VLOOKUP, berikut ini contoh data yang bisa Anda coba sebagai latihan:

Berapa biaya pengiriman untuk masing-masing alamat pada rincian berikut, jika barang dikirim dengan kategori Normal?

Sementara Vlookup biasanya hanya dapat mencari data lookup_value, fungsi ini tersedia untuk menemukan biaya pengiriman di kolom F seperti yang ditunjukkan pada tabel. Caranya adalah dengan menggunakan kolom helper yang berfungsi untuk menghasilkan data baru hasil penggabungan beberapa data.

  1. Cara mencari data yang sama di Excel dengan VLOOKUP

Dari contoh data di atas, kolom bantuan digunakan untuk menggabungkan data provinsi, kabupaten, dan kabupaten menjadi kolom baru. Kolom bantuan digunakan sebagai data lookup_value baru. Ada dua bidang bantuan untuk ditambahkan. Kolom bantu pertama ditambahkan ke tabel tarif pengiriman dan kolom tambahan kedua ditambahkan ke data transaksi. Masukkan kolom bantu pertama di paling kiri tabel tarif dan buat rumus untuk menggabungkan ketiga data menjadi,

Rumus: = B3 & C3 & D3

Kolom bantuan detail transaksi dapat ditempatkan di mana saja, baik ke kanan maupun ke kiri. Untuk membuat rumus sama dengan cara sebelumnya dan membuat tabel.

Ketika data kolom bantu sudah siap, saatnya membangun fungsi VLOOKUP. Tempatkan kursor di sel F2, lalu ketikkan rumus menggunakan fungsi VLOOKUP.

  • Sintaks: =VLOOKUP(G2;’Tarif Kirim’!$A$3:$I$20;5;FALSE)
  • Lookup_value: penuh dengan sel dengan data agregat di kolom bantuan kedua.
  • Table_array: penuh dengan kolom A3: I20, menjadikannya sebagai referensi mutlak.
  • Col_index_num : Penuh dengan angka 5 yang merupakan posisi kolom Kategori Stempel Reguler pada tabel Ongkos Kirim.
  • Range_lookup : diisi dengan nilai FALSE karena akan mencari data yang sama.
  1. Cara mencari data yang sama di Excel dengan VLOOKUP dalam fungsi indeks

Dalam fungsi VLOOKUP, jika Anda perlu menambahkan kolom dummy sebagai kolom bantu, kita bisa melakukannya dengan menggunakan rumus array atau tetap menggunakan kolom bantu. Rumus untuk mengkonversi agak panjang. Rumus yang perlu Anda ketikkan pada kolom Shipping Cost adalah sebagai berikut:

Sintaks: =INDEX(‘Tarif Kirim’! $E$3:$E$20; MATCH(‘Data Transaksi’! G2; ‘Tarif Kirim’! $A$3: $A$20; 0); 1)

Jika demikian, tekan CTRL+SHIFT+ENTER secara bersamaan, karena rumus menggunakan rangkaian rumus. Fungsi yang digunakan pada metode kedua ini merupakan gabungan dari fungsi INDEX dan fungsi MATCH. Berikut ini mengarahkan parameter fungsi INDEX untuk masuk:

  • Fungsi Indeks kumpulan parameter diisi dengan kolom yang berisi informasi tentang biaya pengiriman untuk kategori Reguler dan menjadikannya referensi yang lengkap.
  • Fungsi Indeks Baris_num dimuat dengan fungsi fungsi MATCH
  • Fungsi Lookup_value Match dimuat dengan kombinasi data negara bagian, distrik, dan kecamatan dengan data transaksi
  • Fungsi Lookup_array Match dimuat dengan kombinasi data negara bagian, distrik, dan kecamatan di tabel tarif pos dan menjadikannya referensi lengkap
  • Match_type diisi dengan angka 0, karena mencari data yang sama
  • Indeks cetakan Column_num diisi dengan angka 1
  1. Terapkan rumus VLOOKUP Excel ini ke portofolio data Anda!

Itulah penjelasan singkat tentang Cara mencari data yang sama di Excel dengan VLOOKUP. Dimulai dari apa itu Vlookup, fungsinya dan rangkaian cara penggunaannya beserta contohnya. Menggunakan fitur Vlookup yang efektif ini memudahkan Anda untuk mencari data dan mengambil data tertentu dari tabel yang referensinya didasarkan pada nilai tertentu. Sesuai dengan namanya Vertical Lookup, proses pencarian data dilakukan secara vertikal, selain itu program Excel juga memiliki fungsi khusus untuk mencari data secara horizontal, mirip dengan HLOOKUP.

  • Bagikan