Cara Mengaktifkan Kamera Laptop Hp
Cara Mengaktifkan Kamera Laptop Hp

5 Cara Mengaktifkan Kamera Laptop HP Mudah dan Cepat

5 Cara mengaktifkan kamera laptop HP sama seperti dengan kamera laptop lainnya. Dengan adanya webcam atau aplikasi kamera laptop yang sudah terprogram, Anda wajib mengetahui cara mudah mengaktifkannya. Terlebih dengan adanya pandemi, segalanya menjadi serbai online dan mengharuskan untuk video call.

Beberapa software seperti Zoom dan Google Meet mempermudah komunikasi saat pandemi dengan cara mengizinkan banyak orang sekaligus untuk melakukan video call. Bahkan, jika tidak ingin memperlihatkan wajah, orang tersebut bisa menonaktifkan fitur kamera.

Namun, jika ditengah meeting bos atau guru memanggil namun kamera laptop tidak berfungsi di zoom, bisa gawat kan ya? Oleh karena itu, berikut beberapa cara mengaktifkan kamera laptop hp dengan cepat tanpa error.

7 tahapan cara mengaktifkan kamera laptop hp

Sebelum cara video call kamera dengan Zoom dan memperbaiki fungsi kamera di aplikasi Zoom atau Google Meet, cobalah untuk memeriksa aplikasi web camera bawaan yang terpasang pada laptop hp. Alasannya, akan lebih mudah mengidentifikasi masalahnya jika menggunakan aplikasi webcam dari laptop itu sendiri. 

Jika webcam yang ada pada laptop ternyata juga eror, cobalah untuk memeriksa apakah laptop hp yang dimiliki saat ini sudah ada program HP Quick Play kamera driver dengan versi yang paling baru. Lihatlah apakah program tersebut telah terinstall dengan baik pada laptop karena program ini punya peran yang sangat penting dalam kamera laptop hp.

Berikut 5 cara mengaktifkan kamera laptop hp:

  1. Pastikan telah install webcam driver versi yang paling baru, jika belum, downloadlah terlebih dahulu.
  2. Isi nomor model laptop hp. Biasanya, nomor model laptop hp terletak di bagian bawah atau belakang laptop dengan tempelan stiker
  3. Pastikan mengisi tipe laptop dan memilih sistem operasi yang sesuai dengan laptop saat ini
  4. Lanjut download driver webcamnya lalu install sesuai dengan arahan yang ada pada layar laptop
  5. Restart laptop agar program terinstall dengan sempurna
  6. Buka program Quick Play dan klik music video foto
  7. Klik hp kamera dan tunggu hingga gambar telah muncul

Nah, itu dia 7 cara yang sangat cepat dan mudah untuk aktifkan kamera laptop hp. Jika ingin memperbesar tampilan layar, cukup klik dua kali agar tampilan menjadi lebih besar. Untuk memulai merekam video, tinggal klik register. Sedangkan jika ingin mengambil foto, hanya tinggal klik pilihan ambil foto saja. 

Cara Video Call Kamera dengan Zoom

Cara video call kamera dengan Zoom akan lebih baik jika cahaya dalam ruang cukup terang. Namun jika tidak, klik pengaturan agar bisa mengatur pencahayaan pada kamera laptop hp sehingga gambar maupun video terlihat lebih jelas. Selain cahaya, di pengaturan juga bisa mengubah rasio serta kualitas gambar maupun rekaman.

Namun, jika cara mengaktifkan kamera laptop hp di atas tetap tidak membuat kamera laptop menyala, ada 5 Cara mengaktifkan kamera laptop HP yang lain. Berikut cara lain untuk mengaktifkan kamera laptop hp:

  1. Buka menu start dan cari settings
  2. Kemudian ketika kamera untuk mencari programnya
  3. Cari camera privacy settings dan klik
  4. Aktifkan pilihan on untuk mengizinkan aplikasi menggunakan kamera
  5. Nonaktifkan beberapa pilihan penggunaan akses kamera untuk aplikasi yang tidak membutuhkannya

Tips Menggunakan Camera Saat Zoom

Dengan demikian, kamera laptop hp bisa digunakan kembali. Biasanya, izin tersebut memang harus diaktifkan secara manual. Dan jika sudah mengaktifkannya, kamera akan bisa digunakan pada aplikasi yang sudah memperoleh izin yang aktif. Namun, pada awal program dijalankan, umumnya akan muncul pilihan untuk mengaktifkan izin penggunaan kamera pada laptop hp dengan bentuk dialog pop-up.

Jika pilihan tadi disetujui, maka tidak perlu lagi mengaktifkan izin kamera secara manual seperti di atas. Jika sudah aktif, maka kamera akan dengan sendirinya hidup dan bisa digunakan pada beberapa aplikasi seperti Zoom, Google Meet, Skype, atau aplikasi video call pada laptop lainnya.

Selain cara video call kamera dengan Zoom, bisa jadi salah satu alasan kenapa kamera laptop tidak berfungsi adalah karena ada penutup kamera laptop yang lupa dibuka nih. Mungkin karena panik, hingga lupa bahwa kamera laptop ternyata dilengkapi penutup. Pastikan juga untuk mengecek ya. 5 Cara mengaktifkan kamera laptop HP tidak begitu sulit biar sekolah atau pekerjaan kantor tidak terganggu.

Kunjungi juga

erp cloud

Penjelasan Cloud ERP Keuntungan, Risiko dan Solusi Populer

Cloud ERP adalah sistem perencanaan sumber daya perusahaan berbasis cloud. Ini menawarkan banyak keuntungan bisnis …