Apa itu Mention
Apa itu Mention. Sumber Gambar: Google.com

Apa itu Mention dan Cara Menggunakannya di Sosmed

Apa itu mention dan cara menggunakannya di sosmed. Kamu pasti sering denger istilah-istilah aneh di media sosial kan? Nah, salah satunya adalah “mention”.

Banyak pengguna sosmed yang bingung antara mention dan tag akun. Tapi tenang aja, gue bakal jelasin nih perbedaannya secara detil.

Apa itu Mention

Apa itu Mention Tentang
Apa itu Mention Tentang. Sumber Gambar: Google.com

Jadi, arti dari mention itu adalah menyebutin akun pengguna lain di postingan atau komentar kamu. Nah, kalo dilihat sekilas, ini itu mirip-mirip sama tag akun ya.

Tapi, sebenernya ada perbedaan khusus antara keduanya. Kalo tag akun, tujuannya untuk memberi tanda ke akun orang lain biar orang yang liat bisa langsung ke profilnya.

Sedangkan sebutan ini, tujuannya lebih ke nge-notice orang yang kamu sebutin itu. Jadi, orang yang kamu sebut bakal dapet notifikasi gitu kalo ada yang ntebutin dia.

Terus, apa sih fungsi dari mention? Ya, fungsi utamanya adalah untuk ngasih tau orang kalo kita lagi ngomongin dia. Jadi, kalo misalnya kita lagi ngepost foto bareng temen, kita bisa sebutin akun temen kita biar dia tau kalo kita lagi ngebahas dia.

Nah, kalo kamu masih bingung gimana caranya nyebutin seseorang di media sosial, gampang banget kok. Cukup ketik “@” diikuti nama akun orang yang mau kamu sebut. Misalnya, kalo mau sebut gue, tulisnya “@KlikDetik”.

Jangan lupa juga ya, ada perbedaan antara mention dan tag akun. Jadi kalo kamu cuma mau ngasih tanda ke akun orang lain di postinganmu, pake tag akun aja. Tapi kalo emang tujuannya buat nge-notice orang yang kamu sebut, pake mention ya.

 

Apa itu Mention dan Fungsinya

1. Colek Orang

Definisi
Definisi. Sumber Gambar: Google.com

Penggunaan mention di media sosial itu banyak banget, bro. Misalnya, kamu lagi scroll-feed terus liat postingan yang bagus, terus ada yang komentar yang menyebut akun orang lain.

Nah, kalo akun yang kita sebutin itu bakal langsung dapet notif deh di akun medsosnya. Gampangnya, itu tuh yang namanya arti mention di media sosial.

Biasanya, ini ini ditandai sama simbol “@”, terus diikuti sama nama akun pengguna medsosnya. Jadi, kalo misalnya ada yang menyebut akun gue di postinganmu, tulisannya bakal “@KlikDetik” gitu.

Nah, sebenernya ada banyak banget fungsi dari mention di media sosial. Karena, sejatinya, ini punya kegunaan tersendiri di medsos. Kayak DM, tag akun, atau follow, fitur ini juga punya fungsi khusus.

Intinya, fungsi penyebutan itu untuk ngasih tahu pengguna medsos lainnya tentang sesuatu yang penting. Misalnya, kalo kamu ngebahas suatu topik di postinganmu.

Trus, ada orang yang komentar dan menyebut akun orang lain, tujuannya biar akun yang disebutin itu bisa ikutan bahas topiknya.

Selain itu, kadang-kadang ada juga event-event di medsos yang minta kamu untuk mention akun orang lain dalam postinganmu.

Biasanya, kalo kamu ikutan giveaway, lomba, atau challenge, syaratnya kamu harus sebut akun-akun tertentu gitu di postinganmu.

 

2. Beda dengan Tagar

Beda Tagar
Beda Tagar. Sumber Gambar: Google.com

Jadi kalau kamu sering main media sosial pasti udah nggak asing lagi sama yang namanya mention dan tag akun ya.

Tetapi meski punya kemiripan, kedua hal ini punya perbedaan khusus yang wajib kita ketahui. Biar nggak bingung, yuk kita bahas perbedaan arti mention dan tag akun media sosial.

Pertama, soal pengaplikasiannya. Fitur mention bisa kita pakai di berbagai tempat seperti kolom komentar, story, caption, atau juga ruang obrolan. Sedangkan tag biasanya hanya untuk menandai nama akun dalam sebuah postingan foto atau video.

Kedua, soal siapa yang bisa melakukan fitur tersebut. Nah, kalau fitur mention bisa siapa saja lakukan. Jadi, yang ingin menyebutkan nama pengguna lain dalam sebuah postingan.

Ini berlaku baik untuk kolom komentar, ruang obrolan, atau caption. Sedangkan tag hanya bisa pemilik akun saja yang melakukan.

Terakhir, soal notifikasi. Fitur ini akan muncul di menu notifikasi aktivitas. Jadi, kalau kamu ada orang lain yang nyebutin, pasti bakalan kelihatan di notifikasi.

Sementara, tag akan muncul dalam notifikasi dan feed di akun media sosial. Nah, jadi udah paham kan perbedaan antara arti mention dan tag akun media sosial?

Meski kelihatannya nggak jauh beda, tapi ada hal-hal khusus yang wajib diketahui agar kamu bisa lebih mudah menggunakan fitur-fitur tersebut.

Jadi, udah pada paham kan arti dan fungsinya dari fitur ini di media sosial? Kalo masih ada yang kurang jelas, boleh banget tanya lagi sama kami.

Menggunakan fitur ini di media sosial bisa sangat mudah jika sudah tahu caranya. Apalagi fitur ini memungkinkan kita untuk menyebutkan nama pengguna lain dengan mudah dan cepat dalam sebuah postingan.

 

Apa itu Mention dan Penggunaan

1. Di Story

Story IG
Story IG. Sumber Gambar: Google.com

Nah, berikut ini ada beberapa cara menggunakan fitur inimention di media sosial. Pertama, cara Menggunakan Fitur ini di Story. Jika ingin menggunakan fitur ini di story, langkah-langkahnya sebagai berikut.

Pertama, buka aplikasi media sosial di perangkatmu. Selanjutnya, buat story baru di akun media sosialmu. Kemudian, tulis tanda @ terlebih dahulu dan ikuti dengan nama akun pengguna yang ingin kamu mention.

Akun pengguna yang kamu sebutin akan muncul di dalam story. Untuk melakukan hal ini di platform Instagram, maka klik menu kamera dan pilih story. Selanjutnya, klik ikon huruf Aa untuk menulis nama akun pengguna lain.

Pastikan nama akun tersebut muncul dengan ikon foto profilnya agar benar-benar tepat sasaran. Selesai, kamu sudah berhasil menggunakan fitur ini di story. Kemudian, aplikasi akan memberikan notifikasi ke pemilik akun yang kamu mention.

 

2. Dalam Caption

Apa itu Mention Caption
Apa itu Mention Caption. Sumber Gambar: Google.com

Selain di story, kamu juga bisa menggunakan fitur mention dalam caption postinganmu di media sosial. Berikut langkah-langkahnya . Pertama, buka akun media sosial pribadimu di perangkat.

Selanjutnya, buat postingan baru di akun media sosialmu. Ketika menambahkan caption, ketik tanda @ untuk melakukan mention ke akun pengguna lain.

Nama akun pengguna yang kamu sebut akan muncul secara otomatis dalam caption di postinganmu. Selesai, kamu sudah berhasil menggunakan fitur mention dalam caption.

Nah, dengan mengetahui cara menggunakan fitur penyebutan ini di media sosial, kamu bisa dengan mudah melakukan menyebut ke akun pengguna lain dalam sebuah postingan.

Namun jangan lupa, gunakan fitur ini dengan bijak dan tidak mengganggu privasi orang lain ya. Kemudian jika ingin menggunakan fitur ini di kolom komentar di media sosial, kalian bisa mengikuti beberapa langkah berikut:

Buka akun media sosial kalian di perangkat. Buka postingan yang ingin di-komentari di media sosial. Selanjutnya, buka kolom komentar di postingan tersebut.

Ketik tanda @ untuk mencari nama pengguna yang ingin di-sebut di kolom komentar. Setelah muncul foto profil pengguna yang diinginkan, klik profil tersebut agar mention tepat sasaran.

Otomatis, akan muncul mention ke akun pengguna tersebut di kolom komentar. Selesai, kalian sudah berhasil menggunakan fitur mention di kolom komentar.

Kunjungi juga

erp cloud

Penjelasan Cloud ERP Keuntungan, Risiko dan Solusi Populer

Cloud ERP adalah sistem perencanaan sumber daya perusahaan berbasis cloud. Ini menawarkan banyak keuntungan bisnis …