Mengenal Sistem Kelistrikan dan Arti Kode Sekring Mobil Avanza

mengenal arti kode sekring mobil avanza
mengenal arti kode sekring mobil avanza

Berbicara tentang sistem kelistrikan mobil tentu menjadi bagian terpenting yang harus diketahui. Hal ini mengingat kelistrikan berpengaruh besar terhadap kinerja mobil. Sehingga disamping memberikan peran penting, kelistrikan juga akan berakibat fatal jika tidak diatur sebagaimana mestinya. Adapun salah satu bagian yang wajib untuk diperhatikan yaitu berkenaan dengan arti kode sekring mobil.

Sebagai pemilik kendaraan, mengetahui arti sekring mobil sangat diwajibkan. Baik untuk keperluan pribadi dalam merawat mobil maupun kebutuhan ketika sistem kelistrikan mengalami masalah yang mengharuskan pemilik untuk mengatasinya. Contoh mobil yang akan dijadikan sebagai rujukan dalam mengenal arti kode sekring mobil di bawah ini yaitu Avanza.

Mengenal Daftar Arti Kode Sekring Mobil Avanza

Beberapa merk mobil pada umumnya memiliki susunan kode sekring yang tidak berbeda jauh dari Avanza. Sehingga meskipun mobil yang anda miliki bukan tipe Avanza, namun dengan mengetahui semua arti kode sekring mobil berikut ini setidaknya anda akan terbantu ketika sewaktu-waktu terjadi masalah kelistrikan pada mobil anda.

Dalam setiap mobil umumnya terdapat dua fusebox. Pengertian fusebox sendiri adalah sebuah kotak yang terdapat sekumpulan fuse kelistrikan mobil. Di sinilah seluruh sekring mobil dikumpulkan dan disusun. 

Untuk lebih mempermudah dalam memahami setiap arti kode sekring mobil, berikut ini akan dipaparkan dalam bentuk tabel. Anda bisa membedakan semua kode yang terdapat pada sekring dengan mudah. Baik sekring yang berada di bagian kabin maupun sekring yang berada di bagian mesin utama.

Arti Kode Sekring Mobil di Bagian Kabin

Sekring mobil untuk mobil Avanza, khususnya keluaran 2010-2014 berada tepat di balik dashboard mobil. Jika anda ingin mengetahui denah dari susunannya, anda bisa melihat di balik tutup kotak/fusebox. Adapun susunan kode sekring tersebut meliputi:

BACA JUGA:   Standar Porting Adalah
Kode Ampere Komponen
Power 30A Power window
(HTR SUB) 7.5A Injeksi bahan bakar sequential multiport/sistem air conditioner
IG1/BACK 7.5A Air conditioner, starting, flasher darurat, meter, lampu mundur
ECU IG1 7.5A SRS airbag, anti-lock brake, electrical power steering
(DEF) 20A Defogger kaca bagian belakang
(D/L) 15A Power door lock
HAZARD 10A Lampu sein kanan kiri
(CIG) 15A Power outlet/cigarrete lighter
ACC 10A Audio, kaca spion, shift lock control
ST 7.5A Injeksi multiport, injeksi sequential multiport, starter
(FR FOG RH) 7.5A Foglamp kiri depan
(FR FOG LH) 7.5A Foglamp kanan depan
E/G 10A Injeksi multiport, injeksi sequential multiport, pompa bahan bakar, kipas pendingin
ECU IG2 10A Transmisi otomatis, shift lock, meter
(A/C NO.2) 10A Air conditioner
FR WIP 20A Wiper & washer depan
RR WIP 15A Wiper & washer belakang

 

Arti Kode Sekring Mobil di Bagian Mesin

Selain berada di kabin, berikut ini juga terdapat daftar kode sekring mobil untuk Avanza bagian mesin. Untuk letak fuseboxnya sendiri berada persis di kap mesin. Namun tidak menutup kemungkinan letak fusebox ini berbeda pada setiap mobil. Susunan lengkap kode tersebut meliputi sebagai berikut:

Kode Ampere Komponen
H-LP RH 10A Headlamp kanan
H-LP LH 10A Headlamp kiri
(ABS) NO.2 30A Anti-lock brake
EFI 15A Injeksi sequential multiport, pompa bahan bakar
(A/C NO.1) 10A Air conditioner
TAIL  10A Lampu belakang, lampu depan, lampu plat, lampu kabut, injeksi sequential multiport
HORN 10A Klakson
(FR FOG) 20A
(ECU-B) 10A Transmisi otomatis
STOP 10A Lampu interior, lampu rem, lampu rem high mounted, injeksi sequential multiport, anti-lock brake, shift lock
BACK UP 10A Audio, meter, diagnosis onboard
IG1 40A
AM2 30A
HTR 40A Air conditioner
SPARE 15A, 10A, 7.5A Sekring serp
EPS 50A Electric power steering
AM1 50A
RAD 30A Kipas radiator
(ABS NO.1) 40A Anti-lock brake
BACA JUGA:   Cek Pajak Motor Jawa Tengah

 

Dari semua susunan kode yang terdapat di dalam sekring mobil, terdapat peran dan fungsi yang berbeda untuk bagian kelistrikan tertentu sesuai dengan jalurnya. Agar tidak salah dalam memahami setiap bagiannya, maka penting juga untuk memahami warna sekring berdasarkan arti kode sekring mobil yang baik dan benar.

Arti Warna sekring

Warna sekring sendiri ditentukan berdasarkan besaran ampere. Sehingga dengan warna ini anda dapat membedakan masing-masing ampere untuk setiap sekring. Susunan warna sekring adalah sebagai berikut.

  • Cokelat semi kuning: 5 Ampere
  • Cokelat: 7.5 Ampere
  • Merah: 10 Ampere
  • Biru: 15 Ampere
  • Kuning: 20 Ampere
  • Putih semi transparan; 25 Ampere
  • Hijau: 30 Ampere
  • Oranye: 45 Ampere

Demikian masing-masing arti kode sekring mobil untuk bagian kabin dan mesin. Beberapa kode yang telah ditulis memiliki integritasi yang sama, sehingga memberikan keterhubungan jalur listrik satu sama lain. Anda bisa melihat mengapa di antara kode tersebut terdapat komponen dan fungsi yang sama.

Jika salah satu dari bagiannya rusak atau mengalami masalah, maka dapat menimbulkan dampak eror di bagian lainnya. Untuk itu pahami setiap arti kode sekring mobil sehingga anda dapat mengetahui letak permasalahan ketika terdapat bagian kelistrikan mobil yang eror. Perhatikan pula besaran ampere untuk setiap jalur sekring, tanpa mengatur besaran yang sama, maka sistem kelistrikan tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Sebagai tambahan, sekring pada mobil umumnya memiliki bentuk yang berbeda pula. Bentuk-bentuk yang cukup familiar meliputi cartridge (bentuk seperti tabung yang berbahan dasar keramik), tabung (layaknya cartridge namun berbahan dasar kaca), Blade (bentuk seperti gigi yang bisa ditancapkan), dan pelat (untuk memberikan pengamanan pada arus listrik utama).