Cara Download Video Youtube di Laptop
Cara Download Video Youtube di Laptop. Sumber gambar: Google.com

Cara Download Video Youtube di Laptop Untuk Windows dan Mac

Cara download video Youtube di laptop untuk Windows 11/10 dan Mac. Sepertinya hampir tidak mungkin, tetapi 10 tahun yang lalu tidak ada yang menyangka bahwa video online menjadi ancaman serius bagi dominasi siaran televisi.

Cara download video Youtube di laptop

Cara Download Video Youtube di Laptop Unduh Youtube
Cara Download Video Youtube di Laptop Unduh Youtube

Banyak orang berpendapat bahwa perubahan sudah dekat sejak awal internet, tetapi kita membutuhkan kombinasi akses internet berkecepatan tinggi, banyak konten, dan platform yang stabil dan andal untuk berhasil.

Youtube akhirnya mencentang semua kotak ini dan sebagai hasilnya mengambil alih pasar video digital hampir seluruhnya mendominasi ruang. Tetapi Youtube memiliki satu kelemahan mendasar, jelas, dan agak serius.

Aplikasi ini hanya berguna dengan koneksi internet berkecepatan tinggi. Di dunia dengan data seluler yang lambat dan batas bandwidth bulanan, tidak selalu memungkinkan untuk menonton apa yang Anda inginkan, kapan pun Anda mau.

Namun ini tidak berarti bahwa Anda hanya dapat memutar DVD konten Youtube Anda dan duduk santai, tetapi ada cara untuk mengatasi masalah ini. Yaitu, mengunduh video ke laptop Anda.

 

Pilihan cara download video Youtube di laptop

1. 4K Video Downloader

Aplikasi 4K Video Downloader
Aplikasi 4K Video Downloader

Adalah pilihan gratis terbaik yang tersedia untuk Mac/PC. Saya tidak yakin apa yang membedakan perangkat lunak gratis dan membuat pengembang memberi proyek mereka nama yang begitu sederhana.

Tetapi setidaknya Anda tidak dapat menuduh mereka tidak terus terang. Pengunduh Video 4K melakukan persis seperti yang mereka katakan dan tidak lebih: unduh video dalam resolusi hingga 4K. Silakan tekan tombol Download / Install / Open / Buka / Untuk mengunjungi situs aplikasi di bawah.

Anda dapat mengunduh dari berbagai sumber, bukan hanya Youtube , dan Anda dapat mengatur langganan saluran untuk memicu pengunduhan secara otomatis setiap kali video baru diunggah ke saluran.

Proses pengunduhan sangat sederhana: cukup salin URL video dan klik tombol “Tempel Tautan”. Itu membaca URL langsung dari clipboard dan menanyakan resolusi dan format di mana Anda ingin menyimpan klip. Anda juga dapat mengekstrak audio sebagai file MP3 jika Anda suka.

Jika Anda hanya mengupload dalam satu resolusi dan satu format file, Anda dapat mengaktifkan Mode Cerdas yang memungkinkan Anda menentukan setelan satu kali, lalu setiap upload berikutnya mengikuti aturan yang sama.

Menariknya, Anda juga dapat mengimpor spreadsheet CSV yang berisi daftar URL, meskipun jika ingin mengunduh lebih dari 25 sekaligus, Anda harus membeli kunci lisensi.

Jadi, ini adalah satu-satunya cara untuk mengunduh banyak file sekaligus. Namun, 4K Video Downloader tidak mendukung pengunduhan daftar putar dalam versi gratis. Jadi, hanya untuk versi berbayar saja.

Anda juga perlu membeli kunci lisensi jika ingin mengunduh subtitle dengan video Anda, meskipun program lainnya sepenuhnya gratis. Yang aneh, mereka sepertinya tidak ingin Anda membelinya.

Alasannya, karena jika Anda hanya menjelajahi situs web, maka sangat sulit menemukan tautan untuk membeli. Namun, ada juga beberapa fitur berguna yang tersembunyi di pengaturan.

Tentu saja, kekurangan dari program ini adalah tidak memiliki fungsi konversi atau transfer, meskipun Anda dapat menyimpan file dalam format MP4, MKV atau 3GP. Tetapi jika Anda memiliki anggaran yang ketat dan mencari pengunduh video sederhana, Pengunduh Video 4K akan membantu Anda.

4K Video Downloader

 

2. Folx

Aplikasi Folx
Aplikasi Folx

Terbaik untuk Pengguna Mac. Tersedia versi PRO dan juga gratis (walaupun Anda mungkin tidak membutuhkan PRO). Jadi, ini adalah pilihan jika Anda mencari pengunduh video YouTube yang bersih untuk Mac.

Aplikasi Folx cocok untuk Anda. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang sangat elegan yang membuatnya sangat mudah untuk mengelola unduhan Anda.

Eltima Software, pencipta Folx, menyebut aplikasi ini sebagai “pengelola unduhan gratis untuk macOS dengan antarmuka bergaya Mac yang sesungguhnya” — dan tentu saja sesuai dengan klaimnya.

Namun perlu kita catat bahwa Folx tidak 100% gratis karena juga memiliki versi pro yang harganya $19,95. Tetapi menurut saya tidak ada gunanya membeli versi pro hanya untuk mengunduh video YouTube (saya akan menjelaskan perbedaan antara versi gratis dan versi pro nanti).

Untuk memulai, saya biasanya menyalin dan menempelkan URL video YouTube ke bilah pencarian di sebelah tanda “+” biru. Folx langsung mendeteksi bahwa ini adalah video YouTube dan jendela baru muncul.

Di sana Anda dapat memilih lokasi yang Anda inginkan untuk menyimpan video yang Anda unduh, serta memilih pengaturan kualitas. Namun, pengaturan ini tentu sesuai keperluan.

Karena tujuan saya sebenarnya adalah untuk melakukan streaming video ke iPhone saya dan menontonnya di perjalanan atau di udara, maka saya biasanya menyetel kualitas video ke 720p atau 360p karena ini menghabiskan lebih sedikit ruang disk di perangkat saya.

Jadi, Anda tahu bahwa memori adalah sesuatu yang berharga di iPhone. Jika Anda tidak memiliki masalah ruang penyimpanan, maka Anda dapat mengatur kualitas video ke resolusi yang lebih tinggi jika Anda ingin memutar video di laptop atau layar besar lainnya.

Setelah Anda mengklik tombol OK, Folx akan memulai proses pengunduhan. Kecepatan unduh sangat cepat! Menurut pengalaman saya, mengunduh video YouTube 100MB biasanya membutuhkan waktu beberapa detik – tentu saja, ini juga tergantung pada kecepatan internet Anda.

Versi ekstensi browser

Folx juga menyediakan ekstensi untuk browser web utama (Safari, Chrome, Firefox, dan Opera) yang memudahkan pengunduhan video. Yang harus Anda lakukan adalah menginstal ekstensi browser, meskipun mungkin diperlukan restart.

Setelah Anda menemukan video YouTube yang menarik, cukup klik ikon Folx Browser dan kemudian aplikasi Folx akan merespons secara otomatis. Kemudian, seperti yang saya sebutkan sebelumnya, ada versi Pro yang tersedia dari Folx.

Tetapi Anda mungkin tidak membutuhkannya.  Sederhananya, jika Anda tidak perlu menjadwalkan unduhan, membagi unduhan, atau mengontrol kecepatan pemutaran, versi gratisnya sudah cukup baik.

Bahkan jika Anda memilih untuk memutakhirkan nanti, maka aplikasinya sebenarnya tidak mahal ($19,95) untuk nilai dan kenyamanan yang aplikasi berikan.

Folx

 

Pertanyaan tentang cara download video Youtube di laptop

1. Apakah mengunduh video Youtube legal?

Apakah Legal
Apakah Legal

Sebelum menggunakan pengunduh YouTube gratis ini, perlu kita ketahui bahwa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengunduh video bertentangan dengan persyaratan layanan YouTube.

Syarat ini jelas menyatakan bahwa Anda hanya dapat melakukan streaming video langsung dari server mereka. Mengunduh video juga mungkin melanggar hak cipta, kecuali jika Anda memiliki video itu sendiri, memiliki izin dari pemilik hak cipta, atau jika berada di domain publik.

 

2. Apa perbedaan antara pengunduh YouTube online dan aplikasi desktop?

Cara Download Video Youtube di Laptop Beda
Cara Download Video Youtube di Laptop Beda

Ada banyak situs yang dapat Anda gunakan untuk mengunduh video YouTube, tetapi kami tidak merekomendasikannya karena kekurangannya jika kita bandingkan dengan program Desktop.

Pertama, lebih lambat karena keterbatasan server jarak jauh dan koneksi data Anda. Banyak dari situs ini juga berisi iklan jenis NSFW atau gambar mini tampilan dari video yang baru Anda unduh, yang mungkin tidak pantas.

Konverter video online biasanya tidak memberi Anda banyak (jika ada) pilihan tentang file video dalam hal kualitas atau format unduhan. Jadi, ini juga batasa utama.

Mereka hanya memungkinkan Anda untuk mengunduh satu video pada satu waktu dan Anda dapat melupakan tentang menyimpan seluruh daftar putar. Video 3D dan 360 derajat juga tidak mungkin. Dan, juga sangat sedikit yang dapat menangani video hingga resolusi 4K.

Kunjungi juga

Download GB Whatsapp Apk

Download GB Whatsapp Apk dan Cara Menggunakannya

Download GB Whatsapp Apk  dan cara menggunakannya dengan aman dan supaya tidak kena bannned. Juga, …