Tips  

Arah Kiblat Online Tanpa Aplikasi

Arah Kiblat Online Tanpa Aplikasi
Arah Kiblat Online Tanpa Aplikasi. Sumber Gambar: Google.com

Arah kiblat online tanpa aplikasi dan akurat. Pelajari cara mudah ini untuk menemukan arah Kiblat yang akurat.

Arah kiblat online tanpa aplikasi

Tuhan ada di mana-mana. Tidak terikat waktu dan tempat. Namun, sholat menghadap kiblat Ini adalah syarat pertama. Syarat ini tentu berlaku jika kita bisa memilih menghadap kiblat secara bebas.

Jika tidak, maka kita bisa saja sholat menghadap ke arah lainnya. Misalnya, pada saat berada di kendaraan.

Meskipun begitu, selain hukum syariah, maka Sholat menghadap kiblat juga merangsang solidaritas. Solidaritas dan persatuan dan juga mengungkapkan cinta untuk semua orang Islam dan iman kita di dalamnya.

Cara menemukan arah kiblat online tanpa aplikasi

Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah posisi Anda di dunia dalam kaitannya dengan Mekah. Secara umum kita yakini bahwa umat Islam harus Sholat menghadap ke barat, dan ini tidak selalu benar. Ini hanya berlaku ketika Anda berada di suatu tempat di sebelah timur Mekah. Ada beberapa metode sederhana yang sering orang gunakan untuk menentukan arah kiblat.

1. Dengan Qibla Finder

Arah kiblat online tanpa aplikasi - Qibla Finder
Arah kiblat online tanpa aplikasi – Qibla Finder

Sekarang sangat mudah untuk menemukan arah kiblat yang tepat dengan teknologi bantu. Ada beberapa aplikasi yang dirancang khusus untuk menentukan arah kiblat yang tepat. Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis. Setelah diinstal, Anda dapat dengan mudah menggunakannya untuk menemukan arah kiblat yang tepat.

BACA JUGA:   Menambah Ukuran JPG

Namun, jika tidak ingin menginstal aplikasi, maka ada website yang bagus.

Langkah-langkah menemukan arah Kiblat dengan Qibla Finder untuk Android

Pertama-tama, kunjungi Pencari Kiblat Google di Chrome melalui halaman ini.

Kemudian pilih bahasa dan klik tombol Start .

Klik tombol OK . Jika browser meminta izin untuk mengakses fungsi kamera dan lokasi, cukup klik tombol ” Izinkan” .

Untuk membuat arah seakurat mungkin, maka kalibrasi kompas.

Browser kemudian akan menampilkan kompas dengan garis biru yang mewakili kiblat.

Link Qibla Finder Online:

Qibla Finder

2. Menggunakan Google Maps

Arah kiblat online tanpa aplikasi - Google Maps
Arah kiblat online tanpa aplikasi – Google Maps

Menemukan arah kiblat dengan Google Maps sangat akurat. Lingkaran besar Google gunakan untuk menunjukkan arah kiblat di Google map. Setelah Anda memasukkan lokasi Anda, arah kiblat akan ditampilkan di peta Google sebagai garis yang digambar di peta. Perbesar peta dan temukan tanda lokasi Makkah untuk mengarahkan diri Anda ke arah kiblat.

Link Google Maps:

Link Google Maps

3. Menggunakan kompas:

Arah kiblat online tanpa aplikasi - Kompas
Arah kiblat online tanpa aplikasi – Kompas

Cara paling langsung dan termudah untuk menentukan arah kiblat adalah dengan kompas. Jika Anda tidak mengetahui wilayah Anda sehubungan dengan Mekah, kompas ternyata lebih sederhana dan akurat, daripada dengan tongkat sederhana yang Anda tancapkan di tanah.

Link Qibla Finder Online:

Qibla Finder

Alternatif mencari arah kiblat online tanpa aplikasi

1. Menggunakan matahari:

Matahari
Matahari. Sumber Gambar: Google.com

Matahari adalah pertanda baik untuk arah mata angin utama. Ia terbit di timur dan terbenam di barat. Jika Anda memiliki gagasan tentang di mana daerah Anda saat ini dalam kaitannya dengan Mekah, maka Anda dapat mendapat arah kiblat dengan mencatat di mana matahari terbit dan di mana ia terbenam di daerah itu.

Jika Mekah berada di utara kota atau negara Anda dan Anda melihat matahari terbenam di satu sisi, maka Anda sedang melihat kiblat. Namun jika Mekah di sisi selatan Anda, maka jika matahari terbenam di satu sisi, maka kiblat ada di sisi yang sebaliknya. Posisi matahari juga dapat Anda gunakan untuk menentukan arah kiblat yang tepat melalui dua peristiwa dalam satu tahun.

BACA JUGA:   Aplikasi Bahasa Inggris

Link Qibla Finder Online:

Qibla Finder

2. Dengan bantuan bayangan

Cara mencari arah kiblat online tanpa aplikasi
Cara mencari arah kiblat online tanpa aplikasi. Sumber Gambar: Google.com

Temukan sedikit atau ratakan tanah dan letakkan kayu vertikal di tanah, sekitar 1 meter panjangnya, sesaat sebelum jam dua belas. Buat tanda di mana ujung bayangan kayu menyentuh tanah / lantai. Arahkan kayu dan gunakan panjangnya untuk menggambar lingkaran sebagai batas. Dalam jangka panjang, bayangan akan mengecil dan menjauh dari lingkaran. Kemudian akan memanjang ke jalur lain dan menyentuh lingkaran lagi.

Periksa titik di mana lingkaran dan bayangan berpotongan. Hubungkan kedua tanda dengan garis lurus. Arah ini dari barat ke timur. Tanda / cek utama adalah barat, dan cek kedua adalah timur. Gambar garis lain yang tegak lurus dengan garis ini. Jalur kedua akan menjadi jalur utara-selatan. Setelah menemukan arah kiblat, pikiran tidak enak tentang arah kiblat juga akan berkurang.

Link Qibla Finder Online:

Qibla Finder

3. Menggunakan jam tangan

Jam Tangan
Jam Tangan. Sumber Gambar: Google.com

Jika Anda berada di sisi utara khatulistiwa, jaga agar arloji Anda tetap horizontal sehingga jarum jam terfokus pada matahari. Jalur setengah jalan antara jarum jam dan 12:00 pada jam Anda adalah selatan. Jika Anda menemukan selatan, maka sekarang Anda juga dapat mengetahui arah lainnya.

Jika Anda berada di sisi selatan khatulistiwa, maka jaga agar jam tetap horizontal sehingga simbol 12:00 terfokus pada matahari. Rute akan berada antara 12:00 dan 1:00 lintang utara. Jika Anda tahu di mana utara, maka sekarang Anda dapat memahami arah lainnya juga. Dengan demikian, dengan memahami arah utama, Anda pasti akan dapat menemukan kiblat juga.

Link Qibla Finder Online:

Qibla Finder