Aplikasi Pengolah Kata Disebut Dengan
Aplikasi Pengolah Kata Disebut Dengan. Sumber Gambar: Google.com

Aplikasi Pengolah Kata Disebut Dengan

Aplikasi pengolah kata disebut dengan Microsoft Word. Ini adalah jawaban untuk pertanyaan soal TIK.

Jadi, pengolah kata secara pengertian adalah perangkat lunak atau perangkat yang memungkinkan pengguna membuat, mengedit, dan mencetak dokumen. Memungkinkan Anda mengetik teks, menyimpannya secara elektronik, menampilkannya di layar, memodifikasinya dengan memasukkan perintah dan karakter dari keyboard, dan mencetaknya.

Aplikasi pengolah kata disebut dengan

Dari semua aplikasi komputer, pengolah kata adalah yang paling umum. Saat ini, sebagian besar pengolah kata adalah layanan cloud atau sebagai perangkat lunak yang dapat pengguna instal di komputer atau perangkat seluler.

Aplikasi pengolah kata disebut dengan apa dan sejarahnya

Jadi, bagaimana sejarah pengolah kata?

Pengolah kata paling awal adalah mesin tik yang berdiri sendiri mirip dengan mesin tik listrik yang memulai debutnya pada tahun 1960-an. Keuntungan besar dari mesin tik awal ini adalah Anda dapat membuat perubahan tanpa harus menulis ulang seluruh dokumen. Seiring waktu, perangkat memperoleh fitur yang lebih canggih, seperti kemampuan untuk menyimpan dokumen ke disk, opsi pemformatan yang berkembang, dan pemeriksaan ejaan.

Meskipun masih ada beberapa pengolah kata mandiri yang orang gunakan saat ini, pengolah kata mulai berpindah ke komputer pribadi pada 1980-an. Pada hari-hari awal komputer, pengolah kata yang bernama WordPerfect menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak pengguna gunakan dari jenisnya. Namun, seiring waktu, apa yang Anda lihat adalah apa yang Anda dapatkan (WYSIWYG) pengolah kata yang menunjukkan kepada pengguna apa yang akan mereka cetak pada dokumen akhir mereka menjadi semakin populer. Salah satu pengolah kata WYSISWG, Microsoft Word, menjadi dominan di tahun 1990-an.

Versi pertama dari Microsoft Word.

Pengembangan versi pertama Microsoft Word adalah pada tahun 1981. Versi saat ini adalah Microsoft Word 16 (rilis pada 2016).

Dengan munculnya komputasi awan di tahun 2000-an, pengolah kata berubah lagi. Cloud memungkinkan pengguna untuk melakukan pengolah kata mereka melalui aplikasi berbasis browser. Meskipun pengolah kata berbasis cloud ini tidak memiliki fungsionalitas tingkat lanjut dari perangkat lunak yang pengguna instal pada perangkat, pengolah kata ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan dokumen mereka di pusat data jarak jauh dan mengaksesnya dari komputer atau perangkat seluler mana pun yang terhubung ke Internet.

Mereka juga memudahkan tim orang yang terpisah secara geografis untuk bekerja bersama pada dokumen yang sama. Banyak pengguna telah menemukan bahwa pengolah kata berbasis cloud menawarkan fitur yang cukup untuk memenuhi kebutuhan mereka, serta kenyamanan, mobilitas, dan dukungan kolaborasi yang lebih besar.

Aplikasi pengolah kata disebut dengan apa dan fiturnya

Pengolah kata sangat bervariasi, tetapi semua pengolah kata, baik berbasis cloud atau berbasis sistem, mendukung fitur dasar berikut:

Sisipkan teks: Memungkinkan Anda untuk menyisipkan teks di mana saja dalam dokumen.

hapus teks: Memungkinkan Anda menghapus karakter, kata, baris, atau halaman.

potong dan tempel: Memungkinkan Anda untuk menghapus (memotong) bagian teks dari satu tempat di dokumen dan menempelkannya (menempel) di tempat lain.

Copy: Memungkinkan Anda untuk menduplikasi bagian dari teks.

Ukuran dan margin halaman: Memungkinkan Anda menentukan ukuran dan margin halaman yang berbeda, dan pengolah kata akan secara otomatis menyesuaikan teks agar pas.

Find and Replace: Memungkinkan Anda mengarahkan pengolah kata untuk mencari kata atau frasa tertentu. Anda juga dapat mengarahkan pengolah kata untuk mengganti satu grup karakter dengan yang lain di mana pun grup pertama muncul.

Word Wrap: Secara otomatis berpindah ke baris berikutnya saat Anda mengisi baris dengan teks dan itu akan menyesuaikan teks lagi jika Anda mengubah margin.

Print: Memungkinkan Anda mengirim dokumen ke printer untuk menerima salinan cetak.

File Manager: Menyediakan kemampuan manajemen file yang memungkinkan Anda membuat, menghapus, memindahkan, dan menelusuri file.

Spesifikasi Font: Memungkinkan Anda mengubah font dalam dokumen. Misalnya, Anda dapat menentukan huruf tebal, miring, dan garis bawah. Kebanyakan pengolah kata memungkinkan Anda untuk mengubah ukuran font atau bahkan font.

Windows: Memungkinkan Anda mengedit dua atau lebih dokumen secara bersamaan. Setiap dokumen muncul di jendela terpisah. Ini sangat berharga saat mengerjakan proyek besar yang terdiri dari beberapa file berbeda.

Pemeriksaan ejaan: Mengidentifikasi kata-kata yang tidak muncul dalam kamus standar.

Pengolah kata yang lengkap

Perangkat lunak pengolah kata modern yang dapat pengguna instal mendukung fitur tambahan yang memungkinkan Anda untuk memanipulasi dan memformat dokumen dengan cara yang lebih canggih. Pengolah teks lengkap biasanya mendukung fitur lanjutan berikut, dan pengolah kata berbasis cloud mungkin memiliki beberapa fitur berikut:

Pemeriksaan tata bahasa: Mengidentifikasi kalimat, paragraf, dan tanda baca yang tampaknya tidak memenuhi aturan tata bahasa yang berlaku umum.

catatan kaki dan referensi silang: mengotomatiskan penomoran dan penempatan catatan kaki dan memungkinkan Anda untuk dengan mudah melakukan referensi silang bagian lain dari dokumen.

Daftar otomatis: Secara otomatis membuat daftar bertitik atau bernomor, termasuk kontur multi-level.

Grafik: Memungkinkan Anda untuk menyisipkan ilustrasi, grafik, dan bahkan mungkin video ke dalam dokumen. Beberapa pengolah kata memungkinkan Anda membuat ilustrasi dalam pengolah kata; yang lain memungkinkan Anda untuk menyisipkan ilustrasi yang hasil dari program lain.

Layout

Header, Footer, dan Penomoran Halaman: Memungkinkan Anda menentukan header dan footer khusus yang akan pengolah kata tempatkan di bagian atas dan bawah setiap halaman. Pengolah kata secara otomatis melacak nomor halaman sehingga nomor yang benar muncul di setiap halaman.

Layout: Memungkinkan Anda untuk menentukan margin yang berbeda dalam satu dokumen dan menentukan metode ekstraksi paragraf yang berbeda.

makro: memungkinkan pengguna untuk menentukan dan memulai makro, karakter atau kata yang merupakan serangkaian penekanan tombol. Penekanan tombol dapat berupa teks atau perintah. Kemampuan untuk menentukan makro memungkinkan Anda menghemat banyak waktu dengan mengganti penekanan tombol biasa.

Merge: Memungkinkan Anda untuk menggabungkan teks dari satu file ke file lainnya. Ini sangat berguna untuk menghasilkan banyak file yang memiliki format yang sama tetapi data yang berbeda. Menghasilkan label surat adalah contoh klasik menggunakan merger.

daftar isi dan indeks: Memungkinkan Anda membuat daftar isi dan indeks secara otomatis berdasarkan kode khusus yang Anda masukkan ke dalam dokumen.

Glosarium: Memungkinkan Anda mencari sinonim tanpa meninggalkan pengolah kata.

Kolaborasi: memungkinkan pengguna untuk melacak perubahan pada dokumen ketika lebih dari satu orang mengedit. Beberapa pengolah kata berbasis cloud juga memungkinkan banyak pengguna untuk mengedit dokumen yang sama secara bersamaan.

Fitur Internet: memungkinkan pengguna untuk menyematkan tautan web dalam dokumen mereka dan memformat dokumen mereka untuk Internet. Beberapa juga menautkan ke layanan web yang dapat membantu pengguna membuat dokumen mereka sendiri.

terjemahan dan ucapan: karena kemampuan kecerdasan buatan menjadi lebih umum, beberapa pengolah kata telah memperoleh kemampuan untuk membaca teks dengan keras, menerima perintah suara, dan menerjemahkan teks dari satu bahasa ke bahasa lain.

Pengolah kata vs. editor teks vs. sistem penerbitan desktop

Pengolah kata sangat mirip dengan dua kategori perangkat lunak lainnya: editor teks dan aplikasi penerbitan desktop. Contoh pengolah kata yang  Zoho tawarkan.

Aplikasi yang hanya mendukung fitur dasar dari daftar pertama di atas (dan mungkin beberapa lainnya) terkadang kita sebut sebagai editor teks. Pekerja kantoran terkadang menggunakan pengolah kata untuk membuat dokumen sederhana yang tidak memerlukan pengolah kata berfitur lengkap. Namun, editor teks lebih umum pengembang gunakan yang menggunakan editor teks khusus dengan fitur yang pengembang rancang untuk menulis kode.

Sistem penerbitan desktop, di sisi lain, umumnya lebih maju dan kompleks daripada pengolah kata. Garis yang memisahkan pengolah kata dari sistem penerbitan desktop terus berubah saat pengolah kata menjadi lebih maju. Namun, secara umum, aplikasi penerbitan desktop mendukung kontrol tata letak yang lebih baik, terutama untuk dokumen dengan banyak grafik, dan mereka menawarkan lebih banyak dukungan untuk opsi pencetakan warna penuh.

Kunjungi juga

Download GBWhatsApp

Download GBWhatsApp dan Alasan Mengapa Mesti Menggunakannya

Download GBWhatsApp dan alasan mengapa Anda harus menggunakan GB Whatsapp. Alasan utama adalah adanya beberapa …