Microsoft Excel Merupakan Program Aplikasi

  • Bagikan
Microsoft Excel Merupakan Program Aplikasi
Microsoft Excel Merupakan Program Aplikasi. Sumber Gambar: Google.com

Microsoft Excel merupakan program aplikasi spreadsheet. Atau dengan kata lain Microsoft Excel adalah aplikasi yang pengguna gunakan untuk mengotomatisasi pengolahan data melalui berbagai bentuk seperti rumus, perhitungan dasar, pengolahan data, pembuatan tabel, grafik hingga pengelolaan data.

Maka tidak heran jika Excel sering pengguna gunakan untuk keperluan administrasi perusahaan. Karena aplikasi ini sangat lengkap dan sangat penting dalam proses pengolahan data perusahaan. Selain itu, Excel memiliki rumus yang memudahkan kita untuk menghitung saat mengolah data. Aplikasi ini juga sangat penting dalam membuat grafik tertentu yang perusahaan butuhkan.

Microsoft Excel merupakan program aplikasi

Aplikasi Microsoft Excel ini berbentuk lembar kerja atau yang memiliki fitur komputasi yang baik untuk membantu kita semua dengan kebutuhan kantor kita. Bahkan Excel merupakan aplikasi populer yang banyak pengguna gunakan untuk keperluan pengolahan data atau pengelolaan data. Secara historis, Excel memulai sejarahnya sebagai program yang dibuat pada tahun 1982 yang disebut Multiplan. Program ini awalnya sangat populer untuk sistem operasi CP/M, namun tidak untuk MS-DOS karena sudah memiliki pesaing seperti Lotus 1-2-3. Maka Microsoft sendiri mulai mengembangkan aplikasi terbaru, yaitu Excel.

Microsoft Excel merupakan program aplikasi apa dan sejarahnya

Pada tahun 1985, versi pertama Microsoft Excel dirilis untuk Macintosh, sedangkan versi Windows sendiri mulai menyusul pada November 1987. Namun, karena Lotus lambat memasuki pasar perangkat lunak spreadsheet Windows, pada tahun 1988 Excel akhirnya mulai berubah. Posisi Lotus 1. -2-3 di pangsa pasar spreadsheet. Selain itu, di tahun yang sama, Microsoft sendiri dinobatkan sebagai perusahaan terpercaya yang mengembangkan software PC. Hingga, pada akhirnya menjadi rival 1-2-3 dengan perkembangan yang lebih baik lagi bahkan mengalahkan Lotus 1-2-3.

Microsoft sendiri mulai mengembangkan Excel dengan selalu mengupdate Excel setiap 2 tahun sekali. Sedangkan versi terbaru Excel pada Windows sendiri berupa Microsoft Office Excel atau Excel 14, sedangkan pada Mac OS X atau Macintosh sendiri versi terbaru Excel adalah Excel for Mac. Sejak hari pertama penerbitannya, Excel sendiri menjadi salah satu target tuntutan perusahaan lain. Khususnya dari perusahaan yang bergerak di industri keuangan untuk penjualan software yang namanya juga Excel. Karena itu, Microsoft akhirnya membatalkan gugatan dengan mengganti nama Excel menjadi Microsoft Excel.

Excel sendiri menawarkan beberapa fitur unggulan berupa interface jika kita bandingkan dengan program spreadsheet sebelumnya. Padahal, Excel sendiri merupakan software spreadsheet pertama karena memungkinkan penggunanya untuk menentukan tata letak spreadsheet yang terorganisir, seperti tata letak setiap sel, bentuk font sesuai atribut, atau kelengkapan karakter. Tidak hanya itu, karena Excel sendiri menawarkan program untuk menghitung ulang setiap sel secara cerdas.

Nah, dengan perubahan nama di Mr. Excel pada tahun 1993 Microsoft akhirnya mendesain ulang antarmuka dan pengguna gunakan oleh aplikasi Microsoft PowerPoint dan Microsoft Word, menyeimbangkannya dengan tampilan Microsoft Excel.

Memahami Microsoft Excel

Microsoft Office Excel terkenal dengan penggunaan rumus atau formula dalam lembar kerjanya. Menggunakan rumus yang efektif akan memudahkan Anda dalam membuat laporan pekerjaan menggunakan MS Excel. Rumus atau rumus MS Excel merupakan keunggulan khusus dari aplikasi ini, dengan kemampuannya mengolah data melalui perhitungan matematis yang memiliki banyak fungsi yang berbeda.

Pengertian Microsoft Excel Deskripsi : Microsoft Excel adalah aplikasi yang pengguna gunakan untuk mengotomatisasi pengolahan data melalui berbagai bentuk seperti rumus, perhitungan dan pengolahan data. Microsoft Excel sangat membantu kita untuk menyelesaikan masalah yang mudah hingga yang kompleks, terutama di bidang administrasi. Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka yang pengembangannya adalah Microsoft Corporation.

Kelebihan Ms.Excel

Microsoft Excel merupakan program aplikasi spreadsheet yang memiliki kemampuan untuk menyimpan data besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam 1 lembar. Jadi dalam 1 lembar bisa kita tempatkan jawaban 1 juta responden dan 16 ribu jawaban/pertanyaan.

Microsoft Excel memiliki format paling populer dan fleksibel, sehingga sebagian besar input data memiliki kemampuan untuk kita konversi ke Excel atau format lain yang dapat terbaca oleh Excel. Atau jika kita perlukan, kita dapat mengubahnya kembali dari Excel ke statistik lain.

Microsoft Excel memiliki program yang sangat lengkap untuk menggunakan rumus yang memudahkan pengolahan angka untuk membuat dokumen yang lebih canggih.

Dengan Pivot Tables, kita bisa bekerja lebih efisien karena kita bisa membuat semua tabel ringkasan yang kita rencanakan untuk kita buat terlebih dahulu, meski belum semua data sudah masuk. Setiap kali data kita masukkan, tabel pivot akan di-refresh secara otomatis sehingga tabel akan memperbarui sendiri.

Kekurangan Ms.Excel

Microsoft Excel merupakan program aplikasi atau pengolah angka yang berbayar atau tidak gratis.

Aplikasi ini membutuhkan banyak memori (RAM) dan prosesor (CPU) yang besar.

Jika buat kolom baru yang berisi kolom/kategorisasi jawaban pertanyaan atau buat filter responden Maka, kita harus membuat rumus excel dan rumus matematika, logika dan teks.

Jadi, banyak orang tidak menyukai ini karena di SPSS, misalnya, kita dapat dengan mudah memfilter atau mengkategorikan jawaban baru.

Jadi, Microsoft Excel merupakan program aplikasi spreadsheet. Kita menggunakannya untuk mengolah data.

  • Bagikan